WR III USK Ajak Mahasiswa Kembali Teladani Kehidupan Rasulullah

Wakil Rektor III Universitas Syiah Kuala Dr. Hajjul Kamil, S.Kp, M.Kep mengajak para mahasiswa untuk kembali meneladani jejak kehidupan Rasululullah. Hal tersebut disampaikan Hajjul Kamil saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H pada Selasa malam di Masjid  Jami Kopelma Darussalam. (Banda Aceh, 18 Oktober 2021).

Hajjul menilai, Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang ideal untuk diteladani jalan hidupnya. Apalagi sebagai muslim, sudah sepatutnya setiap kita menjadikan Rasulullah sebagai inspirasi hidupa.

Untuk itulah USK mengajak mahasiswa untuk turut hadir pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini. Tujuannya adalah, agar mereka dapat kembali merenungi nilai-nilai kehidupan Rasulullah. Kemudian, dapat mereka aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan kebaikan-kebaikan yang diajarkan Nabi Muhammad  itu, kita berharap semoga dapat menjadi inspirasi dan panutan bagi kita semua  terutama mahasiswa. Dan tentunya hal ini akan berpengaruh pada pembentukan karakter mereka,” ucap Wakil Rektor USK bidang Kemahasiswaan ini.

Pada peringatan Maulid Nabi Muhammad kali ini, hadir sebagai penceramah yaitu Ustad Muhammad Muslim,MA. Dalam tausyiahnya, Muhammad Muslim mengajak hadirin untuk memaknai momentum peringatan Maulid ini dengan cara merefleksikan kembali rasa cinta kita kepada Rasulullah. Karena itulah, ia menilai peringatan Maulid ini tidak boleh hanya seremonial belaka.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad ini tujuannya adalah untuk membangkitkan kembali semangat kita dalam berislam. Maka dengan peringatan seperti ini, kita harapkan bertambahlah keimanan kaum muslim,” ucapnya.

Selanjutnya, Muhammad Muslim juga mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi tanda bahwa diri kita sudah benar-benar cinta kepada Rasulullah. Pertama, kita membenarkan setiap perkataan Rasulullah. Kedua, kita mematuhi segala perintah Rasulullah dan mejauhi apa-apa saja yang dilarangnya. Selanjutnya, kita harus selalu mengikuti sunnah Rasulullah dalam menjalankan ibadah.

“Intinya, kita harus kembali ke dalam ajaran Rasulullah yang mulia,” ucapnya.

Kegiatan Maulid Nabi ini USK laksanakana dengan sangat terbatas. Mengingat kondisi saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19. Meskipun demikian, kegiatan ini tetap syarat dengan makna. Para mahasiswa juga antusias menyimak tausyiah. Di akhir acara, jamaah diajak untuk menikmati kenduri Kuah Belangong yang telah disediakan oleh panitia. ‘

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Marwan, Kepala Biro Kemahasiswaan USK, Kepala UPT Asrama USK, para dosen dan pejabat USK serta tamu undangan lainnya.

Leave a Reply