USK Wacanakan Prodi HI dan Dorong Akreditasi Internasional

Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), Prof. Dr. Ir. Marwan bersama para wakil rektor, beserta jajarannya melaksanakan Safari Ramadan dengan segenap dosen dan tendik Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Pertemuan ini dipusatkan di Aula FH, Selasa, 11 April 2023.

Rektor mengungkapkan, USK terus berupaya meningkatkan capaian, khususnya di IKU 1 dan IKU 2, yang masih menjadi tantangan, apalagi selama menyandang status PTN-BH, standarnya sudah ditingkatkan menjadi 80 persen.

“Kita juga mendorong lulusan siap berwirausaha dalam waktu enam bulan. Program magang perlu ditingkatkan. Apresiasi untuk FH yang sudah bekerjasama dengan sejumlah pihak untuk MBKM, khususnya magang,” sebut Prof Marwan.

Di samping itu, ia mengatakan, bahwa mandat lain PTN-BH ialah internasionalisasi. Selama ini, hemat Rektor, banyak mahasiswa FH yang relatif cakap berbahasa asing, khususnya Inggris. Sebab potensi itu, USK terus mendorong serta siap mendukung penuh.

“Saya kira FH salah satu yang potensi. Kami menargetkan per fakultas (minimal) ada satu prodi yang terakreditasi internasional,” ucapnya.

Sementara itu, Prof Marwan memberikan dukungan untuk FISIP demi capaian yang lebih baik. Untuk para dosen misalnya, masih banyak yang kariernya belum naik ke Lektor Kepala. Untuk itu, kolaborasi dan dorongan motivasi dari dalam diri perlu terus dijaga dan ditingkatkan.

“FISIP merupakan salah satu fakultas yang punya potensi cukup menjanjikan. Kita mendorong agar FISIP USK segera mengadakan program magister dan doktoral,” pesan Rektor.

Di waktu yang sama, FISIP dan FH juga perlu memacu semangat untuk meningkatkan publikasi. Hal ini demi mengejar ketertinggalan publikasi di bidang sosial. Selama ini, bidang eksak relatif lebih banyak publikasinya.

“Terakhir, Prodi Hubungan Internasional perlu segera kita siapkan. Ini menjadi catatan, dalam rangka sinergitas agar USK bisa terus berkembang,” pungkas Prof Marwan.

Leave a Reply