USK Tuan Rumah Mukernas APMAPI

Universitas Syiah Kuala (USK) menjadi tuan rumah Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) Asosiasi Prodi Manajemen/Administrasi Pendidikan Indonesia atau APMAPI ke-11. Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan membuka kegiatan ini di Hotel Hermes, Rabu malam, 11 Oktober 2023.

“Mukernas APMAPI merupakan momentum yang baik bagi kita semua untuk menyamakan persepsi dalam mengatasi berbagai permasalahan pendidikan tinggi saat ini,” kata Rektor.

Prof Marwan memandang, dengan adanya wadah ini, dapat menghasilkan rumusan dan usulan kebijakan terbaik yang dapat menjadi cikal bakal kemajuan pendidikan, khususnya di bidang administrasi/manajemen pendidikan.

“USK melalui Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Sekolah Pasca Sarjana, untuk menjadi tuan rumah MUKERNAS ke sebelas APMAPI tahun 2023,” ucapnya.

Tema utama Mukernas APMAPI 2023 adalah: Penguatan Kurikulum Pendidikan Tinggi Berbasis MBKM di Era Society 5.0 Abad 21. Prof Marwan menyampaikan, bahwa MBKM bertujuan untuk meningkatkan link and match  perguruan tinggi dengan dunia industri. Dengan demikian, mahasiswa menjadi lebih siap dalam menghadapi tantangan dunia kerja.

Selain itu, MBKM juga dimaksudkan untuk mewujudkan proses pembelajaran di perguruan tinggi yang lebih otonom dan fleksibel, sehingga perguruan tinggi dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif serta meraih tujuan pembelajaran lebih optimal.

Ketua Umum APMAPI, Prof. Dr. H. Imron Arifin, M.Pd mengaku takjud atas kesiapan USK menjadi tuan rumah. Sejak landing di Bandara SIM, setiap peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, disambut dengan baik, plus mendapatkan selempang khas Aceh, dengan motif pinto Aceh.

“Ini menjadi Mukernas APMAPI pertama yang diadakan di tiga tempat selama tiga hari, yaitu Hotel Hermes, USK dan ke Sabang. Aceh luar biasa, terima kasih USK,” sebut Prof Imron.

Menurutnya, Mukernas di Aceh menjadi momen puncak dari kehadiran APMAPI. Pada Mukernas sebelumnya, berlangsung di Universitas Cendrawasih, Papua. Dengan demikian, APMAPI sudah bergerak dari Merauke hingga ke Sabang.

“Aceh menjadi salah satu pendukung awal APMAPI sejak berdiri, dan masih aktif hingga sekarang. Untuk Mukernas tahun ini, salah satu fokus kita adalah kurikulum, yang drafnya kita susun untuk menjadi pertimbangan kementerian,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Sekolah Pascasarjana USK, Prof. Dr. Hizir mengemukakan, selama 10 tahun terakhir USK telah tumbuh sebagaimana mestinya. Baru-baru ini, USK menempati peringkat 8 di Indonesia versi Times Higher Education’s World University Rankings 2024.

“Capaian tersebut kita raih karena adanya value keikhlasan, kejujuran dan kebersamaan. Alhamdulillah,” sebut Prof Hizir.

Merujuk pada tema yang dibahas pada Mukernas tersebut, ia berharap Indonesia dapat meraih SDM unggul, sebagai modal Indonesia emas 2045. Laju teknologi yang dahsyat, telah merubah tatanan peradaban manusia, tanpa kecuali pendidikan.

“Kita berharap kemajuan teknologi dapat membantu manusia, dan jangan sampai teknologi memusnahkan manusia itu sendiri. Maka butuh keseimbangan, dimana kecerdasan musti bersanding dengan kebijaksanaan,” tuturnya.

Di hari kedua Mukernas, APMAPI menyelenggarakan seminar nasional di AAC Dayan Dawood, USK, Kamis, 12 Oktober 2023. Dua keynote speaker, Prof Marwan menyampaikan materi: Strategi Implementasi Kurikulum dan Program MBKM pada Perguruan Tinggi. Sedangkan Prof Imron, membahas; Penguatan Core Curriculum MP/AP/MPI/MPH/MPK dan Implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Leave a Reply