USK Tuan Rumah Konferensi Internasional Keperawatan

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (FKep USK) mampu menjadi tuan rumah yang baik, pada konferensi internasional yang berlangsung 6-7 Juni 2023. Pembukaan konferensi internasional ini berlangsung meriah di Gedung AAC Dayan Dawood.

Konferensi tersebut bertajuk Quality Improvement of Nursing Education. Wakil Rektor USK bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan apresiasi sekaligus kehormatan, USK bisa menjadi tuan rumah dalam rangkaian seminar internasional Capacity Building in Nursing Education in Indonesia (CABNEI) yang didanai oleh Program Erasmus+ Uni Eropa (UE).

“Melalui acara ini diharapkan terjalin silaturahmi dan kerjasama yang baik terutama untuk peningkatan mutu pendidikan khususnya bidang keperawatan di USK dan Provinsi Aceh,” kata Prof Mustanir.

Dirinya menegaskan, USK mendukung penuh kegiatan yang dilakukan Eramus+, yang melibatkan tidak hanya FKep USK, tetapi juga beberapa institusi keperawatan dan kesehatan di Provinsi Aceh.

“Dengan adanya kegiatan ini, kiranya dapat meningkatkan kualitas pendidikan keperawatan dan kesehatan di Aceh, sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Yang tak kalah penting, bisa berdampak dalam hal peningkatan pelayanan keperawatan di Aceh,” harap WR USK.

Sementara itu, Suwarni selaku Ketua Panitia Kegiatan ini menyampaikan, konferensi tersebut merupakan kegiatan akhir dari proyek CABNEI, yang telah berjalan tiga tahun atas dukungan Erasmus+. Sebuah proyek berharga untuk meningkatkan kapasitas perawat Indonesia.

“Tujuan dari konferensi ini adalah membahas, dan meningkatkan kesadaran akan kompetensi pendidik perawat, dan kemampuan mereka untuk memfasilitasi pembelajaran. Serta meningkatkan kemampuan perawat dalam menghadapi persoalan kesehatan penduduk,” jelas Suwarni.

Selaku tuan rumah penyelenggara, pihak panitia memberikan kenang-kenangan berharga untuk sejumlah tamu undangan, khususnya yang berasal dari luar negeri. Yaitu selempang dengan desain motif khas dari berbagai kabupaten/kota di Aceh kepada keynote speaker.

Adapun pembicara utama pada konferensi internasional keperawatan di USK, meliputi: Dr. Amelia Tuipulotu (Chief Nurses Officer), Harif Fadhillah (Ikatan Perawat Nasional Indonesia), Agus Setiawan (Universitas Indonesia), Prof. Margret Lepp (Inland Norway University of Sains Terapan), Oili Dahl (Asosiasi Keperawatan Swedia), Prof. Vigdis Abrahamsen Grøndahl, Prof. Ann Karin Helgesen (Universitas Ostfold Norwegia), dan dr. Tira Aswitama (Unicef).  

Secara khusus, terima kasih kepada tim Skandinavia: Prof. Ian Nilsson, selaku pemimpin proyek CABNEI, yang telah banyak berkolaborasi. Serta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam dan luar negeri, yang tak mungkin disebutkan satu per satu.

Leave a Reply