USK Tampil di Expo Pendidikan EURIE Turki

*MoU dengan Belasan Kampus Ragam Negara

Universitas Syiah Kuala (USK) menjadi salah satu universitas dari Indonesia yang ditunjuk oleh Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek untuk berpartisipasi dalam Eurasia Higher Education Summit (EURIE) 2024 di Istanbul, Turki, yang berlangsung pada tanggal 26 hingga 29 Februari 2023.

EURIE adalah konferensi dan pameran pendidikan tinggi internasional tahunan, yang menghubungkan sektor pendidikan tinggi yang dinamis di kawasan Eurasia dengan dunia. Euria juga membahas isu-isu terkini dalam internasionalisasi pendidikan tinggi dan topik-topik utama dalam manajemen pendidikan tinggi dengan partisipasi para pembicara terkemuka dan pemimpin sektor.

Melalui berbagai panel, sesi pleno, roundtables dan workshop, para peserta mempunyai kesempatan untuk mengeksplorasi tren, praktik terbaik dan solusi inovatif dalam pendidikan internasional.

Dalam kegiatan ini Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kemitraan, dan Bisnis USK, Prof. Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng hadir langsung untuk memperkenalkan USK kepada pengunjung, yang ditemani oleh Dr. Mirza Tabrani, SE, M.BA, mewakili MWA, serta Dr. Muzailin Affan, Kepala Kantor Urusan Internasional dan satu stafnya, Ria Ervilita.

“Melalui kegiatan ini USK bisa lebih dikenal dan bersaing di tingkat global yang sejurus dengan akselerasi USK menjadi World Class University,” sebut Prof Taufiq.

Dalam pameran ini, USK mempromosikan diri dengan menampilkan berbagai informasi diantaranya profil universitas, profil Research, profil TDMRC, profil sejumlah kelas internasional seperti Kedokteran, Kedokteran Hewan, Program IBEP, Magister Ilmu Kebencanaan dan lainnya. Kemudian program summer camp, program exchange student, penerimaan mahasiswa asing, profil dan produk ARC.

Pada pameran tersebut, booth USK dikunjungi oleh berbagai pihak dari mulai mahasiswa, praktisi, akademisi dan bisnis sector. Produk ARC (Atsiri Research Center) mendapatkan perhatian yang sangat baik dari peserta dan pengunjung pameran dimana hampir semua pengunjung yang datang tertarik mencoba produk tsb.

Pada momen acara Eurie ini booth USK juga dikunjungi oleh Presiden Dewan Pendidikan Tinggi Turki, Prof. Dr. Erol Ozvar. Ia menyampaikan bahwa antara Aceh dan Turki merupakan sahabat yang baik dan perlu untuk dilanjutkan.

Konjen Istanbul, Darianto Harsono juga mengunjungi stand USK dan menyampaikan apresiasi atas kehadiran USK pada ajang EURIE kali ini dan diharapkan untuk dapat menambah kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan tinggi di Turki khususnya, dan di kawasan Eurasia pada umumnya.

Prof Taufiq menerangkan, target utama pada ajang EURIE ini adalah membangun jejaring international. USK berhasil menjalin kerjasama dengan beberapa universitas dan institusi pendidikan tinggi yang hadir pada acara EURIE kali ini.

“Dari 3 target MoU yang ingin ditandatangani, USK berhasil mendapatkan 14 MoU dengan berbagai universitas, dimana 8 diantaranya ditandatangani di tempat acara, dan 5-nya akan diproses setelah acara,” ungkapnya.

8 MoU yang ditandatangani di tempat acara yaitu Istanbul Aydin University, Turki,  Duzce University, Turkey, Navoiy Innovation University, Uzbekistan, Eurasian National University, Kazakhstan, Superior University, Pakistan, Al-Mustaqbal University, Iraq, An-Najah National University, Palestina dan Cyprus Science University, Cyprus.

Sedangkan 6 lagi yaitu dengan Marmara University, Turkey, Altinbas University, Alanya University, University Of Agronomic Sciences And Veterinary Medicine Of Bucharest, Belarusian University, Belarus, dan Azerbaijan National University.

“Yang lebih penting lagi adalah follow-up dari MoU tersebut, dimana masing-masing universitas sepakat untuk segera melakukan kegiatan bersama, seperti mobility staff dan student, join conference, join research dan kegiatan akademik lainnya,” pungkasnya.