USK Sosialisasikan Tata Naskah dan Penguatan Laporan Kerja Sama

Universitas Syiah Kuala menggelar kegiatan sosialisasi Tata Naskah Kerja Sama dan Penguatan Laporan Pelaksanaan Kerja Sama. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) USK. (Banda Aceh,  12 Juni 2024).

Adapun pemateri kegiatan ini adalah Ketua Tim Kerja Humas dan Kerja Sama Direktorat Jenderal Pendidikan, Tinggi, Riset dan Teknologi Yayat Hendayana, S.Si., M.Si dan Subkoordinator Kerja Sama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Firman Hidayat, S.Si., M.Si.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemitraan dan Bisnis USK Prof. Dr. Ir. Taufiq Saidi,M.Eng mengatakan kegiatan ini dalam rangka untuk mendukung pemenuhan indikator Kinerja Utama (IKU) 6 USK. Baik itu secara akademik maupun non akademik.

“Selain itu, secara tidak langsung kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan rekognisi internasional USK dan membangun branding serta value USK,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Taufiq mengatakan peserta yang hadir dalam sosialisasi ini adalah seluruh elemen penting dalam koordinasi perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan kerja sama unit kerja. Di antaranya adalah Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan, yang merupakan pemegang amanat Dekan dalam hal penanggung jawab pelaksanaan dan pelaporan kerja sama.

 Rektor mengatakan kegiatan ini sangatlah penting untuk mendukung ketercapaian IKU USK khususnya IKU 6. Terkait IKU ini, ungkap Rektor, USK patut berbangga karena meskipun USK sebagai Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH) baru di Indonesia, namun USK mampu berada pada peringkat 14 dari 21 kampus PTN BH dengan capaian IKU terbaik. USK berada pada kelompok middle dari jajaran kampus PTN BH tersebut.

Selanjutnya,  Rektor menilai saat jalinan kemitraan USK sudah sangat baik dan luas. USK tidak hanya menjalin kerja sama dengan kampus dalam  negeri, tapi sudah mampu dengan kampus ternama lainnya di dunia. Meskipun demikian, Rektor berharap hal paling penting dari setiap kerja sama ini adalah bisa berdampak baik secara pengembangan institusi maupun untuk masyarakat luas.

“Untuk itulah, kami mohon kesungguhan kita semua. Karena setiap kerja sama itu dampaknya tidak hanya pada satu IKU saja, tapi bisa menjangkau IKU lain. Jadi kita ingin setiap kerja sama tersebut berdampak luas,” ucap Rektor.