USK Sosialisasikan Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang

Universitas Syiah Kuala melalui Kantor Urusan Internasional mensosialisasikan beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) di lingkungan USK. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si di Gedung VIP AAC Dayan Dawood. (Banda Aceh, 13 Januari 2023).

Untuk diketahui program beasiswa KNB ini ditawarkan oleh Pemerintah Indonesia kepada pelamar terpilih yang berasal dari negara berkembang. Beasiswa ini telah disalurkan sejak tahun 2006 kepada 1.608 penerima dari 97 negara.

Terkait hal tersebut, USK bersama 23 perguruan tinggi lainnya di Indonesia telah dipercaya untuk menjadi KNB University Partners oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.

Agussabti dalam sambutannya mengatakan, beasiswa ini adalah kesempatan yang baik bagi USK untuk mengenalkan kampusnya pada dunia. Selain itu, program beasiswa ini memiliki multi manfaat bagi USK. Ragam manfaat tersebut di antaranya adalah untuk mencapai target Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas.

Misalnya untuk IKU pada bidang kerja sama, akreditasi internasional, dosen yang berkualifikasi doktoral,  dan lainnya.

“Maknanya apa? Program beasiswa ini memberi manfaat yang luas. Maka kita harus bersemangat untuk mensosialisasikannya ke prodi lain, untuk memperluas kesempatan beasiswa KNB ini,” ucapnya.

Kepala UPT KUI USK Dr. Muzailin, S.Si, M.Sc mengatakan, program beasiswa ini adalah bentuk kontribusi nyata Indonesia untuk dunia. Melalui program beasiswa ini pula, Indonesia dapat mengenalkan budanya pada dunia internasional.

Muzailin menyebutkan, USK telah menawarkan 88 program studinya untuk beasiswa KNB ini. Jumlah tersebut terdiri dari 54 prodi dari program S1, 30 prodi dari program S2 dan 4 prodi dari program S3. 

“Beasiswa KNB ini adalah kesempatan yang baik bagi kita. Oleh karena itu, kami harap dukungan dan kesungguhan kita semua untuk menyukseskan program beasiswa ini,” ucapnya.

Adapun jadwal submit untuk beasiswa KNB ini dimulai pada tanggal 16 Januari – 18 Februari 2023. Informasi lengkap untuk program beasiswa ini dapat dilihat pada laman: https://knb.kemdikbud.go.id/.

Leave a Reply