USK Sosialisasikan Aplikasi SIMKERMA

Universitas Syiah Kuala menggelar kegiatan sosialisasi Sistem Informasi Kerja Sama pada Biro Akademik USK pada laman website simkerma.unsyiah.ac.id. Kegiatan yang dilasanakan secara daring dan luring ini dibuka oleh Wakil Rektor IV USK Prof. Dr. Hizir di Balai Senat USK. (Banda Aceh, 27 April 20021).

Sistem informasi Kerja sama ini adalah sebuah aplikasi untuk melakukan pendataaan dokumen Nota Kesepahaman /Memorandum off Understanding, Perjanjian Kerjasama / Memorandum off Agremen dan Implementasi Kerja sama pada Bagian Kerja Sama Biro Akademik.

Untuk menjalankan Simkerma admin dan operator bisa mengakses melalui link simkerma.unsyiah.ac.id, admin dan operator untuk bisa mengakses simkerma diberikan akun masing-masing dengan username adalah NIP/NIK dan password adalah password Simpeg (sistem informasi Kepegawaian) USK.

Pegelolaan sistem informasi kerjasama dibagi menjadi dua user yaitu admin dan operator. Operator bertugas melakukan input data ke sistem sesuai dengan hak akses yang diberikan oleh admin, admin bertugas mengatur hak akses untuk pengguna aplikasi.

Hizir dalam sambutannya mengatakan, aplikasi ini sangatlah penting khususnya dalam upaya menjalin hubungan kerja sama antara USK dengan instansi atau perguruan tinggi lainnya. Apalagi kerja sama seperti ini sangat mendukung USK dalam mewujudkan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan oleh Kementerian.

Pada kesempatan ini, Hizir juga mensosialisasikan strategi kemitraan perguruan tinggi. Hizir mengungkapkan, saat ini Rektor USK adalah Chairman IMT-GT UNINET yang menaungi sekitar 23 perguruan tinggi di tiga Negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand. Selama ini IMT-GT juga telah memberikan banyak kontribusi penting bagi pengembangan pendidikan maupun penelitian.

Beberapa program yang telah dilaksanakan di antaranya adalah International Conference, UNINET STEM, Talent Mobility Project, IMT-GT Varsity Carnival, Superfruits Project, UNINET Internship, dan Virtual Mobility Program

Hizir menilai, posisi strategis Rektor USK ini merupakan peluang besar bagi USK untuk memperat kerja sama dengan seluruh perguruan tinggi tersebut.

“Jadi kita bisa lebih mudah membuat kerja sama, karena kita pengendalinya,” ucap Wakil Rektor USK Bidang Perencanaan dan Hubungan Masyarakat ini.

Adapun bentuk kerja sama yang USK lakukan terdiri atas tujuh kriteria yaitu penyelenggaraan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penyediaan tenaga ahli,  manajemen, operasional danbidang sarana dan prasarana (Sewa Menyewa BMN, Pinjam Pakai dan lainnya).

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala  Biro Akademik, Kepala UPT OIA, para Liaison Officer Universitas, para Wakil Dekan I dan sejumlah operator kerja sama di lingkungan fakultas.

Leave a Reply