USK Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di Empat Kabupaten

Tim Humas Universitas Syiah Kuala (USK) melakukan sosialisasi masuk perguruan tinggi untuk sekolah tingkat SMA/SMK/MA sederajat pada empat Kabupaten di Provinsi Aceh. Sosialisasi ini berjalan sejak tanggal 27-29 Februari 2024.

Ketua Tim Sosialisasi USK, Husni Friady, S.T., M.M menjelaskan, kegiatan ini dilakukan di empat kabupaten di Provinsi Aceh, yaitu Pidie, Pidie Jaya, Bener Meriah dan berakhir di Aceh Tengah.

“Sosialisasi ini sangatlah penting khususnya bagi sekolah maupun siswa. Sebab setiap tahunnya selalu ada perubahan dalam proses seleksi masuk PTN,,” kata Husni.

Ada tiga jalur yang bisa ditempuh bagi siswa untuk masuk Perguruan Tinggi, yakni SNBP, SNBT dan Jalur Mandiri. Namun, tim sosialisasi USK tak jemu mengingatkan, bahwa para siswa mesti benar-benar memilih Program Studi yang diminati, sebab jika sudah lulus di jalur SNBP, para siswa tidak dapat lagi mengikuti jalur SNBT dan Jalur Mandiri.

Lebih jauh, dirinya menerangkan, bagi siswa berprestasi untuk memaksimalkan jalur masuk Talenta USK. Mereka yang dimaksud seperti atlet juara, anak-anak yang juara di bidang seni, mereka yang pernah mendukung piala di MTQ, dan seterusnya. Syaratnya, menyertakan sertifikat keikutsertaan atau piagam juara.

“Dengan sosialisasi ini kami berharap tidak ada salah informasi baik di pihak sekolah, siswa, maupun orang tua. Segala syarat detail silahkan dibaca kembali di website USK ataupun SNPMB,” jelasnya.

Di sisi lain, Husni mengabarkan bagi siswa yang kurang mampu tidak perlu khawatir, mereka tetap bisa masuk USK dan akan mendapatkan beasiswa KIP-Kuliah. Tidak hanya itu, bagi yang mampu dan berprestasi, juga banyak beasiswa di USK. Sejumlah informasi mengenai ini, tertera di web kemahasiswaan.usk.ac.id dan informasi penerimaan mahasiswa baru USK di laman pmb.usk.ac.id

Untuk diketahui, USK merupakan kampus terbaik 1 di Sumatra versi Webometrics per Februari 2024, dan kedua terbaik di luar Pulau Jawa. Bukan saja itu, Times Higher Education’s (THE) World University Rankings menempatkan USK di peringkat 8 kampus top di Indonesia, dan tembus dalam jajaran 1.500 kampus terbaik dunia.