USK Sinergi dengan Kemenkop dan UKM untuk Nilam Aceh

Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Drs. Teten Masduki menerima Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), Prof. Dr. Ir. Marwan dalam rangka membangun jalinan sinergi dan kolaborasi terkait kewirausahaan dan bisnis di sebuah hotel di Banda Aceh, Senin, 15 Mei 2023.

Disela-sela kegiatan Menkop dalam rangka kunjungan kerja ke Aceh, ia berkesempatan berbagi pengalaman dan mendengarkan perkembangan bisnis USK yang telah dijalankan saat ini, salah satunya adalah nilam.

Rektor USK menyampaikan beberapa hal terkait bisnis yang dapat dikolaborasikan dengan Kemenkop dan UKM. Sebut saja misalnya hilirisasi nilam, pengembangan produk turunan dari nilam, dan pengembangan industri rakyat di Aceh.

“Kita berharap Major Project Nilam dari Kemenkop UKM yang tertunda di 2022 dapat dilanjutkan pembangunannya di 2024. Karena akan berdampak positif pada ekonomi lokal khususnya UMKM nilam yang sudah berkembang di Aceh ” urai Marwan

“Karena itu kita meminta Pemerintah Aceh melalui Dinas Koperasi UKM dapat menyiapkan kebutuhan lahan yang diperlukan” lanjut Marwan.

“Selain itu, tahun ini kita menggulirkan program 1000 wirausaha muda USK bagi anak-anak mahasiswa kita, apalagi tantangan menumbuhkan wirausaha merupakan jalan yang paling realistis untuk memperbaiki Aceh dari salah satu provinsi yang masih dikategorikan miskin”, kata tutup Marwan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan  Kewirausahaan USK, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc, berharap, program-program kewirausahaan bagi mahasiswa saat ini, nantinya dapat terus berlanjut sampai mahasiswa-mahasiswa tersebut lulus, dan meneruskan usaha yang telah dimulai di masa kuliah tersebut.

“Harapannya Kementerian Koperasi UKM melalui instansi terkait lainnya di daerah, dapat membantu proses adik-adik mahasiswa yang nantinya lulus dalam melanjutkan wirausaha mereka,” tutur WR USK.

Terkait Kewirausahaan akan ditindak lanjuti kerjasama antara USK dgn Kemenkop dan UKM bagi pengembangan inkubator bisnis mahasiswa. Dalam waktu dekat, akan diagendakan kehadiran Menkop dan UKM khusus ke USK, sekaligus menindaklanjuti beberapa agenda nantinya.

Turut hadir mendampingi Rektor USK antara lain, Direktur Prestasi dan Kewirausahaan, Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP., M.Sc, Direktur Direktorat Bisnis dan Dana Lestari, Dr. Syaifullah, ST, M.Eng, serta turut menemani juga Tenaga Ahli Menteri ATR/BPN Republik Indonesia, M. Adli Abdullah.

Leave a Reply