USK Siap Dukung Peningkatan SDM Kabupaten Simeulue

Universitas Syiah Kuala siap untuk mendukung upaya-upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) demi mendorong pembangunan di Kabupaten Simeulue. Komitmen ini ditandai dengan perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan dan Bupati Simeulue Ahmadlyah, S.H di Ruang Mini Rektor USK. (Banda Aceh, 20 Mei 2024).

Pada kesempatan itu, Ahmadlyah menyampaikan terima kasih dan sangat mengapresiasi atas terlaksananya Mou antara USK dan Pemkab Simeulue ini. Sebab dirinya menilai, selama ini Kabupaten Simeulue sering dikenal sebagai bagian dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Padahal daerah ini memiliki banyak kekayaan alam atau sangat potensial untuk mendukung kesejahteraan masyarakatnya. Hanya saja, semua potensi tersebut tidak berarti apa-apa tanpa adanya ketersediaan SDM yang berkualitas untuk mengelolanya.

Untuk itulah, dirinya menilai kolaborasi antara USK dan Pemkab Simeulue ini sangatlah penting untuk mendorong upaya pembangunan di Kabupaten Simeulue.

“Kami bangga hari ini bisa menjalin kerja sama dengan USK. Kami berharap kesepakatan ini bisa membuka peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Simeulue,” ucapnya.

Selanjutnya, Rektor juga menyambut baik atas terjalinnya kerja sama ini. Rektor mengungkapkan, sebenarnya kerja sama ini adalah melanjutkan MoU yang sudah terjalin sebelumnya. Selama ini USK juga sudah banyak memberikan dukungan terhadap upaya-upaya pembangunan di Simeulue. Seperti program pengabdian kepada masyarakat maupun dukungan Staf Ahli.

“Kami siap memberikan dukungan untuk peningkatan SDM di Simeulue. Apalagi USK punya kemitraan yang luas. Misalnya dengan Kementerian Kelautan untuk mendukung nelayan modern,” ucap Rektor.

Ada beberapa poin penting dari kerja sama ini, di antaranya adalah penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pelayanan, pendidikan dan pelatihan, pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, serta kegiatan akademik lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Akademik USK Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan Prof. Dr. Mustanir, M.Sc, Sekretaris Universitas Dr. T. Meldi Kusuma, M.M, Direktur Perencanaan dan Kemitraan dr. Iflan Nauval, M.ScIH, Sp.GK (K), Sp.KKL AIFO-K, serta para dekan dan wakil Dekan.

Lalu dari pihak Pemkab Simeulue turut hadir Kepala Dinas DPMPTSP Samsudin, SH, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Carles, S.ST.P., M.Si dan lainnya.