USK Semarakkan Muharram dengan Berbagi Bersama Anak Panti Asuhan

Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1444 H, Lembaga Dakwah Fakultas Keperawatan (LDF FKeP) Universitas Syiah Kuala (USK) menyelenggarakan kegiatan tausiyah dan berbagi bersama Ash-Shihah. Kegiatan ini dilaksanakan di Banda Aceh, Sabtu, 30 Juli 2022.

Dekan FKeP USK, Dr. Teuku Tahlil, S.Kp.MS dalam kata sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kepedulian bersama sebagai mahasiswa terhadap sesama. Salah satunya, berbagi dengan anak panti asuhan.

“Ini juga bisa meningkatkan motivasi dan keinginan untuk lebih mencintai dakwah Islam,
serta meningkatkan kemampuan mengembangkan diri secara emosional dan spiritual” tutur Teuku Tahlil.

Pada peringatan tahun 2022, pihaknya mengusung tema: Semarak 1 Muharram 1444 H: Sebagai Momentum Refleksi dan Evaluasi Menjadi Muslim Sejati. Dalam ceramahnya, Dr. Tgk. Amri Fatmi, LC, MA menyampaikan, peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah dijadikan patokan tahun baru Islam.

“Sesungguhnya perhitungan waktu umat Islamadalah tahun Hijriah, karena berhubungan dengan ibadah yang kita jalankan setiap tahunnya. Maka dari itu, jadikanlah tahun Hijriah menjadi patokan kita sebagai umat Islam,” ujar Ustadz Amri Fatmi.

Pihak penyelenggara berharap, dengan adanya tausiyah tersebut dapat menjadi pengingat bagi semua pihak, untuk memetik hikmah dan implementasikan dalam segala hal dan kegiatan sehari-hari.

Pada sore hari, gemar Muharram dilanjutkan dengan berbagi kepada anak-anak Panti Asuhan BTRG di Ulee Kareng, bersama pihak Dompet Dhuafa Aceh. Adapun jumlah donasi tahun ini berupa, 50 pcs Al-Quran dengan biaya Rp 5.000.000, 1 paket parsel sebesar Rp 1.000.000
dan jumlah donasi lainnya Rp 622.000.

Leave a Reply