USK Raih Medali Emas dan Juara Favorit di PIMNAS ke 36

Kontingen Universitas Syiah Kuala berhasil meraih medali emas dan juara favorit pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 36 yang diselenggarakan mulai tanggal 25 – 30 November 2023 di Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Jawa Barat.

Ketua kontingen USK, Khairuddin menyampaikan bahwa PIMNAS ini merupakan ajang paling bergengsi untuk mahasiswa Indonesia yang dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia dibawah Pusat Prestasi Nasional.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK, Prof.Dr. Mustanir, M.Sc ikut menyaksikan langsung acara penutupan mengatakan, bahwa ini merupakan prestasi yang membanggakan karena menjadi satu-satunya perguruan tinggi di pulau Sumatera yang meraih medali emas. Dirinya juga mengapresiasi kerja tim dan semua pihak sehingga berhasil meraih emas dan juara favorit.

Medali emas diraih oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) dengan judul “Detektor Dugaan Penyakit Paru Obstruktif Kronis dengan Endoscopic Mucosal Recognition pada Rongga Mulut Perokok yang Terintegrasi Internet Of Things (IoT)”.

Tim ini diketuai oleh Zarfan Fawwaz Muhamad dari Fakultas Kedokteran, yang beranggotakan Teuku Fais Duta (Pendidikan Dokter), Sherina (Kedokteran Gigi), Muhammad Iqbal Maulana (Teknik Elektro) dan Irmayani (Teknik Elektro). Serta Dr. dr. Budi Yanti, Sp.P(K) sebagai Dosen Pembimbing.

USK juga raih Juara Favorit pada Skema PKM Kewirausahaan (PKM-K) dengan judul “Carin (Cat Tamarin) Produk Shampo Antibakteri dan Antijamur Berbahan Dasar Daun Asam Jawa untuk Perawatan Kucing” program ini diketuai oleh Hidayatus Sadri dari Fakultas Kedokteran Hewan, yang beranggotakan Ririn Triyuliani (Pendidikan Dokter Hewan), Safetri Yona (Pendidikan Dokter Hewan), Lailatul Hasanah (Pendidikan Dokter Hewan) dan Aura Maghfira Marpaung (Akuntansi), Serta Wahyu Eka Sari, S.Si., M.Si sebagai Dosen Pembimbing.

Pada saat yang bersamaan Mustanir menyatakan bahwa peserta PIMNAS USK ini telah melewati pembekalan intensif di bawah P2KM USK yang dibina oleh Dr. Marwan dan Prof. Nasrul.

PIMNAS ke 36 ini diikuti sebanyak 2411 mahasiswa peserta PKM dan 106 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Mereka akan mempresentasikan 525 judul karya ilmiah dan dinilai oleh 77 orang juri. Sedang PKM KC sendiri diikuti oleh 63 kelompok dan PKM-K berjumlah 84 kelompok.