USK Press Laksanakan Sertifikasi Kompetensi BNSP

Syiah Kuala University Press atau USK Press (d.h Unsyiah Press), telah menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi BNSP untuk profesi penulis dan editor buku. Acara ini diselenggarakan USK Press bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Penulis dan Editor Profesional Indonesia (PEP) pada tanggal 18-19 Juni 2021 untuk Profesi Penulis dan 25-26 Juni 2021.

PEP adalah sebuah LSP resmi yang ditunjuk oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk penyelenggaraan sertifikasi profesi berdasarkan KKNI untuk dua jabatan kerja, yaitu editor dan penulis buku nonfiksi, yang masing masing berdasarkan SK Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemennaker RI KEP.373/LATTAS/XII/2017 dan KEP.287/LATTAS/2017.

Pelatihan ini diikuti 25 orang peserta, dengan rincian 10 orang mendaftar sebagai peserta penulis dan sisanya 15 orang mendaftar sebagai peserta editor. Setelah melakukan pelatihan, peserta juga mengikuti Ujian Sertifikasi BNSP pada tanggal 30 Juni – 2 Juli 2021.

Kapala USK Press, Dr. T. Meldi Kesuma S.E., M.M dalam mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah pengembangan kapasitas sumber daya manusia internal dan memperkuat kerjasama dengan para mitra.

“Kami mengadakan acara ini untuk mengembangkan kapasitas sumber daya internal kami dalam menghadapi pertumbuhan bisnis penerbitan buku ke depan,” Kata T. Meldi Kesuma.

Dalam hal tersebut, menurutnya, perlu adanya sumber daya manusia yang kompeten dan sesuai standar yang diakui nasional atau internasional. Dengan demikian kualitas buku yang kami terbitkan sesuai dengan standar mutu yang ada.

“Selain itu, kami juga ingin berkontribusi dalam memajukan dunia literasi dan perbukuan nasional dengan berbagai mitra yang ada,” tuturnya.

Pelatihan dan ujian sertifikasi diatas dilaksanakan secara online, mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Dengan memanfaatkan teknologi online, dapat menekan biaya pendaftaran peserta menjadi lebih rendah dibandingkan secara offline.

Adapun acara pelatihan dan sertifikasi kompetensi BNSP ini akan dibuka kembali sekitar bulan Oktober atau November 2021. USK Press akan merilis infonya di website www.unsyiahpress.id, Instagram Commersyiana dan WhatsApp Group USK Press Channel https://chat.whatsapp.com/GIXPW0rYWUmE6iCKoE2GKp.

Leave a Reply