USK Perluas Kemitraan ke Turkiye dan Qatar

USK yang sudah bertransformasi menjadi PTNBH, memperluas jaringan kemitraannya internasional ke Turkiye dan Qatar. Rektor USK Prof Ir Marwan yang di dampingi Dekan FK Prof Dr. Maimun Syukri, SpPD, Wakil Dekan 1 Dr. Safrizal Rahman, dan Direktur Perencanaan dan Kemitraan dr. Iflan Nauval, M. ScIH, SpGK (K) dalam lawatan ke Istanbul pada tanggal 27 November 2023 disambut dengan hangat oleh Universitas Medipol Istanbul.

 Dalam diskusi dengan pihak Medipol Universitas dicapai kesepakatan implementasi kemitraan di bidang akademik, student/faculty exchange, kolaborasi riset, dan join publication.

Pihak Medipol yang diwakili oleh  Dr. Irina sebagai Kepala Kemitraan Internasional, Dekan Fak. Kedokteran, dan Wakil Dekan Akademik Kedokteran sangat antusias dalam implementasi kemitraan ini.

Mereka sangat tertarik dengan keunggulan USK di bidang kebencanaan dan juga penyakit tropis infeksi. Irina menyampaikan bahwa kemitraan ini tidak hanya terbatas pada bidang Kedokteran kesehatan, namun akan berkembang ke bidang lainnya yang dimiliki kedua belah pihak.

Selanjutnya, Pasca dari Istanbul Rektor USK dan tim menuju ke Doha, Qatar. Dalam lawatan ke Doha pada tanggal 28 November 2023, Rektor dan tim USK di dampingi oleh tokoh Aceh di Qatar Agri Sumara diterima oleh Duta Besar Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan.

Dalam diskusi, Dubes menyambut dengan antusias keinginan USK untuk memperluas kemitraan dengan berbagai universitas dan lembaga filantropi di Qatar.

 Prof Marwan berterimakasih kepada Dubes karena sudah memfasilitasi permintaan USK untuk keinginan perluasan kemitraan USK. KBRI Qatar memfasilitasi pertemuan dengan Universitas Qatar, Weill Cornell Medicine Qatar, dan Universitas Doha Science and Technology.

Pada kesempatan tersebut Prof Marwan mempersembahkan produk unggulan USK yaitu parfum Neelam dan kopi kepada Dubes. Prof Marwan berharap agar produk ini dapat diekspor ke Qatar dan disambut baik oleh Dubes dengan berbagai masukan sesuai marker saat ini.

Selanjutnya, dalam diskusi dengan berbagai Perguruan tinggi di Qatar disepakati untuk berkolaborasi dalam berbagai bidang seperti kedokteran, pendidikan, pertanian, perikanan, teknologi informasi, dan mereka sangat tertarik dengan keunggulan USK dalam bidang kebencanaan dan juga kesehatan.

Dalam kesempatan lawatan ini, Rektor USK dan tim berkesempatan berjumpa dengan keluarga diaspora USK di Qatar. Agri Sumara memfasilitasi silaturahmi ini. Prof Marwan menyampaikan harapan agar para diaspora keluarga USK dapat memberikan kontribusi kepada perkembangan sumber daya manusia (SDM) Aceh dan USK. Dalam pertemuan ini, keluarga besar dan alumni USK di Qatar menyampaikan keinginannya untuk dapat memiliki andil dalam kiprah USK sebagai PTNBH terutama dalam bidang kontribusi alumni dan bisnis.

Direktur perencanaan dan kemitraan USK dr. Iflan menyampaikan bahwa kemitraan ini mulai dijajaki pada akhir Mei 2023, yang saat itu dr. Iflan transit di Turkiye dan Qatar dan memanfaatkan waktu transit tersebut untuk dapat memperluas kemitraan internasional USK.