USK Peringati Sumpah Pemuda dengan Pelepasan Diksar Menwa

Universitas Syiah Kuala (USK) melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022. Upacara ini berlangsung di lapangan tugu kampus setempat, Jumat 28 Oktober 2022.

Wakil Rektor I, Prof. Dr. Agussabti, M.Si, IPU bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya, ia membacakan pidato Sumpah Pemuda dari Menpora, Zainuddin Amali. Dirinya mengajak semua pihak untuk melakukan refleksi dari Hari Sumpah Pemuda.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kristalisasi untuk dijadikan teladan dan inspirasi untuk visi bangsa yang besar. Sumpah Pemuda memberikan pelajaran untuk kita menyikapi perbedaan dan ragam kepentingan menjadi kekuatan, bukan kelemahan,” kata Prof Agussabti.

Adapun tema Sumpah Pemuda tahun 2022 adalah Bersatu Bangun Bangsa. WR I menyampaikan, Tema ini memberikan pesan mendalam, bahwa bersatupadu adalah harga mati untuk kesatuan dan eksistensi bangsa. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Ia menilai, peran pemuda sekarang merupakan tonggak penting, yang memandang keberagaman sebagai anugerah sebagai kekuatan berharga, demi kejayaan Indonesia dalam mewujudkan visi Indonesia emas 2045.

“Sekalipun masih ada banyak tantangan, kiprah pemuda Indonesia menunjukkan optimisme dengan banyak capaian nasional dan internasional. Ini jadi modal, untuk membangun Indonesia di masa akan datang,” sebutnya.

Bertepatan dengan momen Hari Sumpah Pemuda, USK mengisi dengan pelepasan pendidikan dasar (diksar) bagi resimen mahasiswa atau lebih dikenal dengan sebutan menwa. WR I mengungkapkan, diksar ini diikuti 25 mahasiswa dan berlangsung selama dua minggu, dimulai sejak senin ini.

“Ini sangat dibutuhkan ke depannya, tidak hanya pengalaman, namun juga peningkatan skill. Manfaatkan momen ini untuk pengembangan diri,” pesan Prof Agussabti.

Selama diksar berlangsung di Mata Ie, ia mengingatkan kepada mahasiswa untuk selalu disiplin dan menjaga kesehatan. Pentingnya menjaga pola makan sehat, sebagai bekal agar kuat dalam mengikuti pelatihan sampai selesai.

“Patuhi segala aturan yang ditetapkan mentor dan jadikan ini sebagai sarana peningkatan skil untuk jadi insan yang lebih baik,” pungkasnya.

Leave a Reply