USK Laksanakan Ujian Asesmen Prediksi Kompetensi

Universitas Syiah Kuala (USK) melaksanakan Ujian Asesmen Prediksi Kompetensi  Tahun 2021 yang diikuti sebanyak 447 orang. Pelaksanaan Ujian Asesmen Prediksi Kompetensi untuk lingkungan USK dimulai pada tanggal 5 hingga 8 dan 12 Juli 2021.

Asesmen prediksi kompetensi merupakan proses pengukuran potensi individu, untuk memprediksi kompetensi pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan menggunakan instrumen tertentu.

Dasar Hukum Ujian Asesmen adalah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, khususnya dalam pasal 51 mengamanatkan bahwa Manajemen Aparatur Sipil Negara diselenggarakan berbasis sistem merit, yakni berlandaskan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja.

Pengimplementasian sistem merit harus berbasis pada data-data yang valid dan objektif, antara lain yang diperoleh melalui proses asesmen terhadap pegawai.

Melalui asesmen pegawai, antara lain dapat diperoleh data prediksi kompetensi pegawai, yang selanjutnya dapat menjadi salah satu bahan dalam manajemen SDM, mencakup pengembangan pegawai, penyiapan manajemen talenta instansi, mutasi/rotasi, ataupun promosi.

Hal ini, bertujuan untuk menjaring data profil prediksi kompetensi pegawai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sebagai bahan dalam manajemen SDM, mencakup pengembangan kompetensi, manajemen talenta, rotasi/mutasi, dan promosi.

Leave a Reply