USK Juara III Inovasi Digital Mahasiswa

Delegasi Universitas Syiah Kuala (USK) atas nama Tim Decimal Adventure keluar sebagai juara III pada lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2024 untuk divisi microteaching digital. Ajang ini dilaksanakan di IPB University Bogor, 9-12 Juni 2024.

Prestasi tingkat nasional tersebut, kian membanggakan karena USK bersaing dengan kampus-kampus top di Indonesia. Total ada 1700 tim yang bersaing di ajang LIDM 2024.

“Alhamdulillah dari 100 tim yang masuk ke babak final, empat tim diantaranya dari USK. Kerja keras wakil USK beserta pembimbing luar biasa. Karya hebat mahasiswa kami terwujud berkat kolaborasi tiga fakultas,” sebut Rektor USK, Prof. Dr. Ir.
Marwan.

Tim Decimal Adventure diketuai oleh Arda Ardianel (PGSD), beranggotakan Naswah Natasya (PGSD), Stefhani Alba Siregar (Informatika) dan T.M. Inayatul Ulwan (Teknik Arsitektur). Karya microteaching digital yang dibuat delegasi USK yaitu: Petualangan Desimal Berbasis Virtual Reality (VR) dan Scratch. Mereka dibimbing oleh Prof. Dr. Rahmah Johar, M.Pd.

“Melalui pembelajaran yang menerapkan Realistic Mathematics Education (RME), siswa mengkonstruksi arti bilangan desimal berbantuan media Virtual Reality dan mengurutkan bilangan desimal berbantuan media Scratch,” jelas Prof Rahmah.

Kepala Pusat Riset dan Pengembangan Matematika Realistik Indonesia (PRP-PMRI) USK ini menambahkan, bahwa tema Micro Teaching Pembelajaran ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) aspek equality education.

Ketua Tim, Arda menerangkan, ada jalan panjang sekaligus tantangan yang mereka lalui hingga berdiri di podium juara. Mulai dari seleksi internal, nasional, hingga mengikuti babak final, yang muaranya wakil USK dinobatkan sebagai Juara III.

“Karya Microteaching Digital yang kami buat termasuk terbaik dari aspek perencanaan pembelajaran, media pembelajaran, maupun video pelaksanaan pembelajaran berdasarkan penilaian tiga juri LIDM 2024,” ungkap Arda.

Dirinya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat. Menurutnya, karya tersebut bisa juara tidak lepas daripada kolaborasi lintas prodi yaitu PGSD FKIP, Informatika FMIPA, dan Teknik Arsitektur FT USK.

Terdapat lima Divisi yang dilombakan dalam LIDM, yaitu Inovasi Teknologi Digital Pendidikan (ITDP), Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan (IPDP), Video Digital Pendidikan (VDP), Poster Digital Pendidikan (PDP), dan Microteaching Digital (MD).

Pembimbing mahasiswa divisi IPDP yang juga ikut mendampingi sampai ke final, Dr. Susilawati, M. Ed menambahkan, USK, sejak bulan Maret 2024 sudah melakukan persiapan diantaranya sosialisasi melalui zoom, workshop dengan narasumber dosen USK untuk lima divisi, pembinaan untuk finalisasi karya, simulasi final yang dihadiri oleh juri dari USK, dan karantina persiapan final.