USK Juara I Bussiness Plan Competition Tingkat Nasional 2022

Universitas Syiah Kuala (USK) kembali menorehkan prestasi di tingkat Nasional. Delegasi USK, Fauzur Rahmat (Teknologi Hasil Pertanian 19) berhasil meraih juara I pada ajang Business Plan Competition Tingkat Nasional 2022. Ajang ini diselenggarakan oleh Biro Kewirausahaan dan Alumni UNISKA MAB Banjarmasin.

Lomba Business Plan Competition Tingkat Nasional 2022 mengusung tema “Socioentrepreneurship di Era Revolusi Industri 4.0”. Ajang ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mendukung visi-misi pemerintah yang tertuang dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020, Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2021 dan Kampus Merdeka, untuk pengembangan wirausaha baru dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui pengembangan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan.

Lomba ini menitikberatkan pada orientasi ide bisnis, proses usaha dan hasil usaha (profit). Tahapan lomba Business Plan Tingkat Nasional tahun 2022 meliputi pengusulan proposal, seleksi proposal, presentasi proposal dan pengumuman pemenang.

Kegiatan ini dimulai dari bulan Februari hingga April 2022 dengan rincian sebagai berikut: 26 Februari -10 April 2022 merupakan proses pendaftaran dan unggah proposal bisnis. 15 April 2022 pengumuman Top 10 Proposal bisnis yang terdiri dari 1 delegasi USK, 2 delegasi IPB University, 2 delegasi Binus Malang, delegasi UIN Sunan Kalijaga, delegasi ITB, 2 delegasi UNDIP dan 2 delegasi UNISKA MAB Banjarmasin.

Lalu tanggal 20 April 2022 presentasi proposal bisnis dan 23 April 2022 pengumuman juara. Delegasi USK dinobatkan sebagai juara 1, kemudian disusul oleh delegasi ITB sebagai juara 2 dan delegasi UNISKA MAB Banjarmasin sebagai juara 3.

Adapun ide yang digagas oleh Fauzur dalam lomba ini adalah perpaduan antara masalah yang sedang dihadapi oleh Indonesia terutama Provinsi Aceh dan peluang di sektor pertanian yang dimiliki. Permasalahn yang diangkat adalah mengenai Covid-19, sementara peluang yang dimaksud adalah pemanfaatan limbah kulit kakao yang jarang dimanfaatkan dan biasanya hanya menjadi pakan ternak dan limbah di sentra produksi sebagai Teh Kombucha yang kaya dengan kandungan antioksidan.

Berdasarkan permasalah dan peluang tersebut, maka munculah sebuah ide bisnis yaitu Tchakao (Teh Kombucha Kulit Kakao) Inovasi minuman Probiotik berbahan dasar simplisia limbah kulit kakao (Theobroma cacao). Harapannya ide bisnis ini dapat menjadi salah satu produk Kesehatan sebagai imun booster dan menjadi Langkah alternatif dalam upaya preventif virus covid-19 di masa pandemi bagi masyarakat.

Leave a Reply