USK Ingatkan Batas Pendaftaran dan Pemilihan Prodi SNBP, Siswa Berprestasi Merapat!

Universitas Syiah Kuala (USK) membagikan kabar gembira bagi siswa berprestasi yang mau mengenyam bangku kuliah pada kampus terbaik di Sumatera ini. Kesempatan ini terbuka lebar lewat jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

Wakil Rektor Bidang Akademik USK, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si, IPU mengingatkan para peserta Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) bahwa pendaftaran terakhir Rabu 28 Februari 2024.

“Seleksi SNBP sudah dimulai sejak 14 Februari. USK kembali mengingatkan calon mahasiswa kami bahwa tanggal 28 adalah hari terakhir pendaftaran. Maka tolong cermat mengikuti setiap langkah yang sudah ada,” jalas Prof Agus, Senin, 26 Februari 2024.

Adapun syarat sebagaimana ketentuan yang berlaku, bisa dilihat dan dipelajari pada laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Sebagaimana diketahui, SNBP dilakukan berdasarkan prestasi akademik menggunakan rapor, serta prestasi akademik dan non akademik siswa.

“Bagi peserta yang memilih prodi bidang seni dan olahraga, wajib mengunggah portofolio. Ketentuan portofolio bisa dilihat di web SNPMB. Jadi ini kabar gembira bagi anak-anak yang sudah berprestasi sebagai atlet dengan sertifikat juara, maupun di bidang seni, termasuk anak-anak juara MTQ lintas mata lomba,” tuturnya.

Ada 11 jenis portofolio yang berlaku untuk SNBP dan SNBT, meliputi: olahraga, seni tari, seni musik, seni karawitan, etnomusikologi, teater, fotografi, film televisi, seni pedalangan, dan sendratasik.

Prof Agus menuturkan, siswa yang berprestasi akademik, ketika lulus sebagai mahasiswa nantinya bisa meneruskan prestasinya di tingkat lebih tinggi. Seperti mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Para atlet, bisa berkompetisi di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas), sedangkan pemilik bakat seni, bisa mentas di ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas). Pun begitu bagi qari-qariah, berkesempatan tampil di Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN).

“Ada banyak sekali ajang kompetisi yang bisa diteruskan oleh anak-anak berprestasi nantinya di bangku kuliah. Tentu mereka juga berkesempatan mendapatkan beasiswa. Bagi yang mampu, lewat beasiswa berprestasi. Bagi yang kurang mampu, sejak awal masuk akan mendapatkan prioritas beasiswa KIP-Kuliah. Jadi jangan ragu masuk USK,” sebutnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik USK ini menerangkan, setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau dua PTN. Jika memilih dua prodi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

“Yang paling penting dan diingat baik-baik, setiap yang sudah dinyatakan lulus SNBP, tidak dapat mendaftar di SNBT maupun jalur Mandiri. Maka pilihlah prodi yang benar-benar disukai,” pesan Prof Agus.