USK Ikuti Google Developer Student Clubs ID Summit 2022

Google Developer Student Clubs (GDSC) Universitas Syiah Kuala (USK) diundang untuk menghadiri GDSC ID Summit yang diselenggarakan oleh Google Indonesia. Berlangsung tanggal 30 September – 2 Oktober 2022 yang berlokasi di Google Office Indonesia dan Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Acara tersebut dihadiri 69 leads GDSC 2022 dari seluruh Indonesia. Tuttur hadir Janise Tan (Regional Lead, Developer Relations Ecosystem SEA), Danang Juffry (Community Manager, Developer Relations), dan Febria Roosita (Technical Project Manager, Google Developers SEA) sebagai penyelenggara dan pengisi acara.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, pada hari pertama kegiatan dimulai pada pukul 15.00 WIB, peserta berkumpul di lobby Hotel JS Luwansa untuk berangkat ke kantor Google Indonesia yang berada di Lt. 43 Pacific Century Place, Jakarta. Kemudian, ketika di kantor Google, para peserta disambut hangat oleh Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf.

Ia memperkenalkan program-program Google Indonesia untuk mahasiswa dan perguruan tinggi. Kemudian dilanjutkan dengan sesi Ask Me Anything with Googler- Career in Cloud yang ditemani oleh Diky Muljana dan Emanuel Ryan dari Customer Solutions Consultant, Infrastructure Modernization, Google Cloud. Pada sesi ini peserta dapat menanyakan mengenai Google Cloud, tips dan trik berkarir di Google, dan pertanyaan teknis maupun non-teknis lainnya mengenai product-product dari Google.

“Para peserta juga diajak mengelilingi kantor Google di lantai 43 dan 45, dilanjutkan dengan foto Bersama dan ditutup dengan makan malam bersama di kantor Google,” kata lead GDSC USK, Muhammad Razan Fawwaz.

Kegiatan di hari kedua dimulai pada pukul 08.30 di Hall 1 Hotel JS Luwansa. Sesi pertama pada hari kedua dimulai dengan penyampaian materi mengenai GDSC Structure and a Year Ahead oleh mas Danang dan dilanjutkan dengan materi mengenai Future Ready for the Tech Industry oleh mbak Anggi.

Pada pukul 10.00 sesi dilanjutkan kembali oleh pemateri yang berasal dari GDSC Lead tahun 2021 yaitu Mas Robert dari Universitas Bhayangkara Jakarta, Mbak Anggi dari Institut Teknologi PLN, Mas Fachri dari UINSH Jakarta, dan Mas Fiki dari STT Nurul Fikri.

Materi yang disampaikan pada sesi ini mengenai bagaimana memulai karir di dunia IT, bagaimana menjalankan GDSC dengan baik, dan ditutup dengan unconference discussions. Beberapa program yang akan yang dihadirkan oleh GDSC USK adalah weekly class, study jam, talkshow, dan solution challenge.

Weekly class merupakan kelas mingguan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan anggota dengan sistem peer-to-peer. Kemudian, study jam merupakan kelas praktik untuk mengimplementasikan pengetahuan yang telah diperoleh di weekly class.

Selain itu, GDSC juga memiliki program talkshow yang bertujuan untuk sharing pengalaman dengan pemateri yang berpengalaman di bidangnya. Program GDSC yang terakhir adalah Solution Challenge yang merupakan event tahunan GDSC internasional. Tujuan diadakannya program tersebut adalah untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di lingkungan sekitar dengan menggunakan pendekatan teknologi. Segala kegiatan yang akan dilaksanakan akan dipublikasi di Instagram: @gdscusk.

Untuk diketahui, GDSC merupakan komunitas yang berada dibawah naungan Google Developers. Saat ini, total ada 73 GDSC yang tersebar di seluruh kampus di Indonesia yang bertujuan untuk menjembatani antara teori yang dipelajari oleh mahasiswa/i dengan projek langsung yang dapat menambah pengalaman mahasiswa/i dalam belajar, serta mengajak mahasiswa/i untuk tertarik dengan pengembangan teknologi.

Pada awalnya, GDSC sudah ada di Universitas Syiah Kuala di tahun 2019 yang dipimpin oleh Muhammad Mulqan, mahasiswa program studi informatika angkatan 2017. Namun, GDSC USK sempat berhenti di tahun 2020 dan 2021. Akan tetapi, tahun ini GDSC hadir kembali di Universitas Syiah Kuala  dengan chapter lead yang baru, yaitu Muhammad Razan Fawwaz mahasiswa program studi Informatika angkatan 2020.

“Dengan hadirnya GDSC di Universitas Syiah Kuala, mahasiswa/i dapat bergabung menjadi bagian dari keluarga GDSC USK dengan tujuan untuk mengembangkan pengetahuan dalam lingkungan belajar yang peer-to-peer dan membangun relasi dan solusi serta meningkatkan bisnis lokal dan komunitas dengan memanfaatkan teknologi dari Google,” jelasnya.

Leave a Reply