USK Gelar Workshop Strategi Pemeringkatan UI Greenmetric

Universitas Syiah Kuala menggelar workshop Strategi dari Analisis dan Rekomendasi dalam Penguatan Pemerangkingan UI GreenmetricKegiatan ini dibuka oleh  Ketua Pusat Riset Lingkungan Hidup prof Dr. Mariana.

Adapun pemateri acara sosilisasi parameter greenmetrik  ini adalah  Ketua divisi Greenmetric yaitu Dr. Rini Safitri, S.Si, M. Si i dan Dr. Ichwana yang merupakan Sekretaris Pusat Riset Lingkungan Hidup.  Selain itu, turut terlibat sebagai narasumber dalam kegiatan ini Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, ST., M.Si. dan  Dessy Ariyanti ST, MT, PhD dari Universitas Diponegoro

Rini Safitri mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan oleh Divisi Greenmetric Pusat Riset Lingkungan Hidup USK yang dalam pelaksanaannya turut melibatkan para mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) USK. Karena menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengajak Mahasiswa dalam lingkungan USK untuk peduli dan ikut berperan dalam menjaga Suistanable Green Campus.

“Kita berharap mahasiswa USK  dapat berperan aktif dalam seluruh kegiatan untuk mahasiswa yang dilaksanakan oleh Greenmetric UI secara nasional, serta ikut membantu pengembangan Green Campus USK,” ucapnya.

Dirinya pun sangat mengapresiasi dukungan dari pihak BEM USK yang berkomitmen mendukung program dan kegiatan  UI Greenmetri di kampus ini, serta berkomitmen tinggi terhadap permasalahan keberlanjutan lingkungan

Oleh karena itu, dirinya berharap, mahasiswa melalui BEM dan Ketua Himpunan berkolaborasi membangun program tahunannya, dengan memasukkan parameter greenmetric. Mengingat keterlibatan mahasiswa sangat kita butuhkan.

Sementara itu Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan turut mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini. Karena Rektor menilai, UI Greenmetric merupakan pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Di mana pemeringkatan GreenMetric ini  bertujuan untuk berkontribusi dalam wacana berkelanjutan dalam bidang pendidikan dan penghijauan kampus,  mempromosikan universitas sebagai agen perubahan sosial berkaitan dengan tujuan-tujuan berkelanjutan. Serta menjadi alat penilaian diri tentang keberlanjutan kampus untuk institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia.

“Tentu saja kita sangat mendukung upaya-upaya penyelamatan lingkungan seperti ini. Karena itulah, USK telah berkomitmen untuk meningkatkan peringkat UI Greenmetric-nya,” ucap Rektor.

Leave a Reply