USK Gelar Seminar Internasional Teknologi IC-COSITE

Universitas Syiah Kuala menggelar seminar internasional teknologi yaitu International Conference on Computer System, Information Technology, and Electrical Engineering (COSITE) dari tanggal 2 – 3 Agustus 2023 di Kota Banda Aceh.

Seminar internasional yang kedua kalinya ini mengangkat tema  “Sustainable Development for Smart Innovation System”. Konferensi ini berlangsung secara hybrid dan diorganisir oleh Jurusan Teknik Elektro dan Komputer (JTEK) USK dan Pusat Riset Telematik(TRC). Lalu berkolaborasi pula dengan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), Indonesian Association for Pattern Recognition (INAPR), serta Kolaborasi Riset dan Inovasi Industri Kecerdasan Artifisial (KORIKA). Tahun ini yang ditunjuk sebagai ketua adalah Dr. Khairun Saddami (dari Program Studi Teknik Komputer USK).

Konferensi ini mengundang pembicara utama terkemuka untuk memperkaya pengetahuan mendalam yang berharga dalam topik-topik tertentu. Para pembicara utama yang diundang antara lain adalah Prof. Chia-Wen Lin yang merupakan Direktur Multimedia Technology Research Center, National Tsing Hua University, Taiwan.

Prof. Dr.-Ing. Eko Supriyanto yang merupakan Direktur IJN-UTM Cardiovascular Engineering Centre, Universiti Teknologi Malaysia, dan Juga Dr. Risman Adnan yang merupakan Chief Technology Officer PT Kalbe Farma, Indonesia.

Kehadiran para pembicara utama ini diharapkan akan memberikan wawasan dan pemahaman yang berharga dalam bidang-bidang yang relevan dengan konferensi ini kepada para peserta.

Pada Tahun ini, COSITE diselenggarakan dengan mencakup berbagai topik menarik yaitu Computer and Smart SystemRenewable Energy and Power Engineering, Pattern Recognition, dan Interdisciplinary Topics. Konferensi ini berhasil menarik perhatian dengan jumlah pendaftar yang cukup besar, yaitu 141 makalah yang diajukan dari berbagai Negara (Seperti Irak, Kanada, Malaysia, Indonesia hingga Taiwan).

 Setelah melalui proses peninjauan yang ketat, komite-komite terkemuka telah memilih 47 makalah yang dianggap luar biasa untuk dipresentasikan dan dimuat dalam prosiding COSITE 2023. Dengan demikian, para penulis yang ingin makalah mereka dimuat dalam prosiding harus memastikan kehadiran dan mempresentasikan makalah tersebut secara online/offline selama acara konferensi. Makalah yang tidak dipresentasikan tentunya tidak akan dimasukkan dalam prosiding konferensi.

Dengan diselenggarakan COSITE 2023 diharapkan dapat menjadi forum utama bagi para ilmuwan, insinyur, dan praktisi yang tertarik dalam studi, analisis, desain, pemodelan, dan implementasi Sistem Komputer, Teknologi Informasi, dan Teknik Listrik, baik secara teoritis maupun dalam berbagai bidang aplikasi.

Dengan mengundang kontribusi dari berbagai peneliti dan praktisi yang berpengalaman, COSITE 2023 berusaha untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan terkini, ide-ide inovatif, dan penemuan-penemuan baru dalam berbagai aspek komputer, teknologi informasi, dan teknik listrik.

Leave a Reply