USK Gelar Rapat Kerja untuk Tahun 2025

Universitas Syiah Kuala menggelar Rapat Kerja (Raker) untuk tahun 2025 dengan tema, “Akselerasi USK Menuju World Class University Melalui Pemantapan Inovasi, Transformasi dan Konvergensi Berkelanjutan”. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan di Gedung AAC Dayan Dawood. (Banda Aceh, 28 Maret 2024).

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Bisnis dan Kemitraan USK Prof. Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng menjelaskan, melalui Raker ini akan disusun Rencana Belanja Anggaran dan Pendapatan USK yang selanjutnya disebut Pagu Indikatif.

Di mana dalam proses ini, setiap unit kerja akan dihitung pendapatannya dan selanjutnya Rektor akan memutuskan berapa alokasi untuk setiap masing-masing unit kerja. Setelah Raker ini, USK akan menyusun Rencana Kerja Tahunan Indikatif pada bulan April. Lalu dilanjutkan dengan penyusunan Rencana Belanja dan Anggaran USK Definitif pada bulan Mei.

Dokumen RKT Definitif ini selanjutnya akan dibawa pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pada bulan Agustus. Di mana pada Musrenbang tersebut akan dihadiri oleh Majelis Wali Amanat (MWA) untuk memberi masukan dan saran. Setelah itu, dokumen RKT ini diharapkan dapat disahkan oleh MWA pada penghujung tahun ini.

“Jadi dengan tahapan yang begitu ketat ini, kami berharap kita semua dapat menyusun RKT yang lebih baik dan sempurna. Dengan revisi minimal serta tidak ada usulan kegiatan baru setelah MWA mengesahkan RKT,” ucap Taufiq.

 Selanjutnya, Rektor mengatakan Raker ini merupakan tahapan ke 3 dari 9 tahapan yang harus USK lalui sebelum dokumen RKT disahkan oleh MWA. Oleh sebab itu, Rektor menilai perlu adanya kerja sama dan koordinasi yang baik agar semua tahapan tersebut bisa dilalui dengan baik dan tepat waktu.

Rektor mengatakan, USK saat ini masih dalam upaya transformasi dengan statuta barunya yaitu Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH). Terkait hal tersebut, ada banyak hal yang sudah USK lakukan serta terus berproses sampai hari ini. USK menargetkan seluruh upaya transformasi ini akan tuntas pada akhir tahun 2024 ini.

“Tranformasi ini akan terus kita lakukan. Untuk itu, kami berharap kita semua bisa bersinergi untuk mendukung pencapaian visi dan misi USK. Maka semangat untuk bersinergi dan konvergensi serta, keselarasan ini sangat penting,” ucap Rektor.