USK Gelar Pelatihan Kewirausahaan dalam Peningkatan Kemampuan Desain Grafis

Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar pelatihan kewirausahaan peningkatan kemampuan desain grafis untuk mahasiswa. Pelatihan ini diikuti oleh 48 orang peserta dan dinyatakan lulus 25 orang. (Banda Aceh, 7 November 2023).

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan USK, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian acara expo kewirausahaan USK.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan desain grafis mahasiswa, sehingga mereka dapat mengembangkan usahanya secara kreatif, inovatif, dan kita harus berkompetensi untuk mendorong terwujudnya mimpi kita,” kata Mustanir.

Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada 8-24 November 2023. Materi pelatihan meliputi dasar-dasar desain grafis, desain grafis untuk bisnis, dan desain grafis untuk media sosial. Dalam dunia usaha yang semakin kompetitif, desain grafis merupakan salah satu keterampilan yang penting dimiliki oleh para wirausaha untuk meningkatkan nilai tambah dari produk yang mereka ciptakan.

Peserta pelatihan kewirausahaan USK ini adalah mahasiswa yang berasal dari berbagai program studi di USK, dan juga peruntukkan bagi mahasiswa pemegang Kartu Indonesia Pintar-Kuliah dari keluarga yang kurang mampu. Mereka dibekali dengan materi dan praktik langsung oleh para narasumber yang kompeten di bidang desain grafis.

Salah satu peserta pelatihan, Reja Jauhari, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat baginya. “Pelatihan ini sangat membantu saya untuk meningkatkan kemampuan desain grafis saya,” kata Reja.

Pelatihan kewirausahaan peningkatan kemampuan desain grafis ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan usahanya secara kreatif dan inovatif.

Ridha Siregar, SE., MM, Kepala UPT. Percetakan dan Penerbitan USK  mengatakan “Kami menyambut baik diselenggarakannya pelatihan kewirausahaan peningkatan kemampuan desain grafis ini. Pelatihan ini merupakan salah satu upaya USK untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang kewirausahaan, khususnya di bidang desain grafis. Desain grafis merupakan salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan di era digital ini. Dengan keterampilan desain grafis, mahasiswa dapat membuka peluang usaha baru, seperti jasa desain grafis, desain produk, dan sebagainya.”

“UPT. Percetakan dan Penerbitan USK siap mendukung terselenggaranya pelatihan ini. Kami akan menyediakan materi dan fasilitas yang diperlukan untuk pelatihan ini. Kami berharap, melalui pelatihan ini, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan desain grafisnya dan dapat memanfaatkan keterampilan tersebut untuk mengembangkan usahanya.”

“Kami juga berharap, pelatihan ini dapat menghasilkan karya-karya desain grafis yang berkualitas dan dapat menjadi kebanggaan bagi Universitas Syiah Kuala.”

Selanjutnya Ketua Pelaksana Pelatihan Kewirausahaan Peningkatan Kemampuan Desain Grafis untuk Mahasiswa USK, Haris Mustaqin, S.IP., M.T, mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan peluang emas bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan desain grafisnya.

“Desain grafis merupakan salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan di era digital ini. Dengan keterampilan desain grafis, mahasiswa dapat membuka peluang usaha baru, seperti jasa desain grafis, desain produk, dan sebagainya,” kata Haris saat ditemui di sela-sela pelatihan, Rabu (8/11/2023).

Pelatihan yang diikuti oleh 25 mahasiswa dari berbagai fakultas ini menghadirkan “Materi yang disampaikan oleh pemateri sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat belajar tentang berbagai teknik desain grafis, mulai dari dasar-dasarnya hingga aplikasinya untuk keperluan bisnis,” kata Haris.

Haris Mustaqin, S.IP., M.T berharap, melalui pelatihan ini, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan desain grafisnya dan dapat memanfaatkan keterampilan tersebut untuk mengembangkan usahanya.

“Kami berharap, pelatihan ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk menjadi wirausahawan muda yang sukses,”Haris Mustaqin, S.IP., M.T.

Dr. T. Meldi Kesuma, S.E., M.M., selaku Sekretaris Universitas USK  yang juga berhadir pada acara pembukaan pelatihan kewirausahaan mengatakan “Pelatihan kewirausahaan peningkatan kemampuan desain grafis bagi mahasiswa USK merupakan salah satu upaya kami untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif. Desain grafis merupakan salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan di era digital ini. Dengan keterampilan desain grafis, mahasiswa dapat membuka peluang usaha baru, seperti jasa desain grafis, desain produk, dan sebagainya.

Saya berharap, melalui pelatihan ini, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan desain grafisnya dan dapat memanfaatkan keterampilan tersebut untuk mengembangkan usahanya. Saya juga berharap, pelatihan ini dapat mendorong mahasiswa untuk menjadi wirausahawan yang sukses di masa depan.”

Komentar tersebut disampaikan oleh Dr. T. Meldi Kesuma, S.E., M.M., selaku Sekretaris Universitas USK. Dalam komentarnya, beliau menyampaikan bahwa pelatihan kewirausahaan peningkatan kemampuan desain grafis bagi mahasiswa USK merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif. Beliau juga berharap, melalui pelatihan ini, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan desain grafisnya dan dapat memanfaatkan keterampilan tersebut untuk mengembangkan usahanya.