USK Gelar Lomba Pidato Bahasa Korea

King Sejong Institute (KSI) cabang Banda Aceh, dibawah naungan Universitas Syiah Kuala (USK) sukses menyelenggarakan kompetisi Pidato Bahasa Korea, yang bertempat di Gedung Sekolah Pascasarjana USK, Rabu, 15 Mei 2024.

Kompetisi ini secara resmi dibuka oleh Kepala KSI cabang Banda Aceh sekaligus Kepala Office of International Affairs USK, Dr. Muzailin Affan., M.Sc. Ia menyampaikan, tujuan diadakannya kompetisi ini adalah sebagai wadah pengembangan diri peserta kelas KSI dan masyarakat yang memiliki bakat dan minat dalam berbahasa Korea, serta sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan budaya korea, yaitu Bahasa Korea.

“Negara Korea dan budayanya sangat terkenal di dunia, sehingga tidak heran jika banyak orang-orang yang gemar dan suka belajar bahasa Korea. Saat ini, belajar bahasa asing salah satunya bahasa Korea bisa dikatakan tidak susah, orang-orang bisa belajar secara otodidak seperti melalui video di Youtube, buku-buku, film, dll, ataupun secara formal,” jelas Muzailin.

“Jadi tidak heran jika salah satu budayanya ini yaitu bahasa Korea ini banyak digemari,” sambungnya.

Kompetisi mendapatkan atensi yang positif, dengan total peserta lomba sebanyak 20 orang dari berbagai kalangan. Peserta yang berhasil menduduki peringkat pertama akan diundang mengunjungi negara Korea untuk mengikuti final, dan akan mendapatkan pelatihan mengenai budaya Korea.

“Melalui lomba seperti ini, mahasiswa-mahasiswa maupun masyarakat Aceh yang memiliki minat dalam bahasa asing khususnya bahasa Korea, bisa terus meningkatkan kemampuan bahasa dan memenangkan kompetisi ini sehingga bisa mengunjungi negara Korea,” harapnya.

Untuk diketahui, lomba pidato Bahasa Korea ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan dan akan menjadi program tahunan KSI untuk diselenggarakan di masa mendatang.