USK Dukung Penguatan Riset dan Inovasi di Forum ICMSA

Universitas Syiah Kuala mendukung penguatan riset dan inovasi untuk mengatasi berbagai permasalahan global. Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Rektor IV USK Prof. Dr. Hizir saat closing ceremony International Conference on Mathematics, Statistics and Their Applications (ICMSA) 2021 yang diselenggarakan sejak tanggal 12 – 14 Desember 2021. (Banda Aceh, 14 Desember 2021).

ICMSA 2021 ini merupakan kegiatan yang prakarsai oleh konsorsium IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle) untuk mendukung bidang matematika dan statistik pada wilayah tiga negara tersebut.

Tujuan dari konferensi ini adalah untuk mengumpulkan dan mempertemukan matematikawan, ahli statistik, akademisi dan mahasiswa dari wilayah Indonesia, Malaysia, dan Thailand serta wilayah-wilayah lainnya di seluruh dunia untuk berbagi pengetahuan, keahlian, dan perkembangan terkini di bidang matematika dan statistika dalam bentuk presentasi dan kegiatan sosial yang berkaitan.

Pada forum tersebut, Prof. Hizir mengatakan, riset dan inovasi adalah kata kunci agar kita bisa bergerak cepat dalam mengejar berbagai ketertinggalan di era globalisasi ini. Untuk itulah, Prof. Hizir menyatakan anggota ICIMSA harus mampu mentransformasi keilmuannya khususnya di bidang statistik dalam berbagai pemikiran atau produk yang inovatif.

“Penting bagi kita untuk membuat inovasi-inovasi, memperdalam ilmu pengetahuan, serta meningkatkan riset/penelitian dalam bidang ini. Kita juga dapat lebih banyak mendiskusikan progress-progress selanjutnya dari hasil konferensi ini,” ucap Wakil Rektor IV USK tersebut.

Karena itulah, Prof. Hizir mengungkapkan, USK sangat menyambut baik kegiatan-kegiatan seperti ICMSA ini. Meskipun pelaksanaan ICMSA kali ini masih dilaksanakan secara zoom meeting, namun jalinan komunikasi sesama anggota ICMSA tetap dapat terjalin dengan kuat.

“Acara ini merupakan salah satu kegiatan yang dikembangkan dibawah IMT-GT UNINET. Tentunya, kita telah membuat langkah besar bagi masa depan dengan turut serta dalam acara ICMSA yang diadakan tahunan ini,” ucap Prof. Hizir.

Tahun ini tuan rumah ICMSA adalah Prince of Songkla University. Sebelumnya, penyelenggaraan ICMSA telah dilaksanakan oleh Institut Pertanian Bogor (2019), Universiti Tunku Abdul Rahmah (2020). Sementara USK, direncanakan akan menjadi tuan rumah ICMSA yang ke 18 pada November 2022.

“Semoga nanti kita semua dapat bertemu secara langsung dalam konferensi ini, ataupun melaksanakannya dalam dua mode, yaitu secara daring dan luring. Kita tentunya terus berharap agar situasi pandemi terus membaik,” harap Prof. Hizir.

Sementara itu Vice President of PSU Associate Prof. Imjit Lertpongsombat dalam sambutannya mengatakan, dirinya menyampaikan terima kasih atas kehadiran seluruh peserta konferensi ini serta komite sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan sukses. Menurutnya, kegiatan ini sangatlah produktif untuk mendukung semangat kebersamaan dan mendorong lahirnya pemikiran yang konstruktif.

“Melalui konferensi ini, kita membangun hubungan antara masyarakat dan jaringan global dalam bidang Matematika, Statistik, beserta bidang-bidang yang terlibat dalam aplikasinya,” ucapnya.  

Pada ICMSA kali ini mengangkat tema,  Gearing Towards Mathematics and Statistics Community in the Disruptive Era. Turut hadir dalam kegiatan ini Associate Prof. Dr. Kannika Sahakaro (Dean Faculty of Science and Technology).

Leave a Reply