USK Destinasi Study Tour Siswa MAN Insan Cendekia

Puluhan siswa MAN Insan Cendekia melakukan kunjungan ke Universitas Syiah Kuala (USK). Kehadiran rombongan asal Aceh Timur tersebut disambut oleh Wakil Rektor Bidang Akademik USK, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si., IPU. Kegiatan ini berlangsung di ruang VIP AAC Dayan Dawood, Senin, 4 Maret 2024.

Dalam kesempatan itu, Prof Agus mengungkapkan, USK berterimakasih kepada rombongan MAN Insan Cendekia yang telah memilih USK sebagai destinasi kegiatan study tour.

Ia turut memaparkan tentang jalur penerimaan mahasiswa baru USK. Pada tahun ini, USK menerima mahasiswa melalui tiga jalur, yaitu jalur SNBP, UTBK-SNBT dan Jalur Mandiri.

“Kami juga berharap dukungan dari sekolah untuk melakukan sosialisasi kebijakan baru, yang harus diperhatikan pada tahun ini,” pinta Prof Agus.

Salah satu hal yang digarisbawahi pada pertemuan tersebut adalah, jika nanti siswa dinyatakan lulus di jalur SNBP, maka yang bersangkutan tidak dapat lagi mengikuti jalur SNBT maupun Mandiri.

“Maka pilihlah program studi yang sesuai dengan minat, bakat serta kemampuan siswa itu sendiri. Kenali diri lebih dalam agar tau potensi terbaiknya dimana, serta cari tau prodi yang sejalur dengan keinginan namun juga peluang kerjanya terbuka,” jelas Profnya.

Kepala MAN Insan Cendekia, yang saat itu diwakili oleh Hendrasyah Putra., S.PD.Gr dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas sambutan yang baik dari USK. Ia mengatakan, USK merupakan universitas pertama yang mereka kunjungan dalam rangka study tour kali ini.

“Kunjungan Madrasah kami ke USK sudah merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan setiap tahunnya. Hal ini untuk memotivasi para siswa kami serta mengenal lebih dekat USK, sebagai salah satu kampus pilihan untuk mereka melanjutkan pendidikan,” ujar Hendra.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir sebagai narasumber, Direktur Direktorat Administrasi Akademik, Darmawan, S.T., M.M., dan Kepala Bagian Penerimaan Mahasiswa dan Statistik, Arief Rahmat, SE, yang memaparkan informasi penerimaan mahasiswa baru di USK.