USK dan PT. Puncakbaru Jayatama Sepakat Riset Geologi Bersama

Universitas Syiah Kuala dan PT. Puncakbaru Jayatama sepakat untuk melakukan riset bidang geologi dan pertambangan secara bersama. Komitmen ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan dengan Direktur Utama PT. Puncakbaru Jayatama Antonius Bambang Yuniarto di Ruang Mini Rektor USK. (Banda Aceh, 28 September 2022).

Rektor mengatakan, nota kesepahaman ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat pelaksanaan kerja sama, khususnya terkait penelitian bidang geologi dan pertambangan. Serta penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka MBKM).

Maka nota Kesepahaman ini menjadi landasan untuk melakukan kerja sama yang sinergis dan saling menguntungkan, dalam rangka meningkatkan hubungan kelembagaan.  

“Insya Allah, dengan SDM yang ada, USK siap untuk mendukung riset-riset bidang geologi atau pertambangan,” ucap Rektor.

Rektor mengungkapkan bahwa selama ini USK sudah banyak melakukan riset-riset di bidang pertambangan. Selain itu, saat ini USK juga sedang menjalankan program MBKM yang melibatkan mahasiswa.

Untuk itulah, Rektor menilai kerja sama ini juga merupakan kesempatan baik bagi mahasiswa untuk belajar dan mendapatkan pengalamannya di dunia pertambangan.

Pada kesempatan ini Direktur Antonius Bambang Yuniarto turut menyampaikan terima kasih atas kesediaan USK menjalin kerja sama dengan pihaknya. Dirinya mengakui, USK memiliki sumber daya manusia yang kompeten untuk melakukan berbagai kajian di bidang pertambangan ini.

“Kami sampaikan terima kasih, riset-riset seperti ini tentu saja penting sekali. Atas nama dunia pendidikan, tentu saja kami siap mendukung,” ujarnya.

Selain riset geologi, ruang lingkung lainnya dari kerja sama ini adalah pelaksanaan kegiatan peningkatan kapasistas sumber daya manusia dan program magang mahasiswa dalam implementasi MBKM, dan kerja sama lainnya baik akademik maupun non akademik.

Leave a Reply