USK Canangkan Zona Integritas pada Seluruh Fakultas

Universitas Syiah Kuala mencanangkan zona integritas pada seluruh fakultas termasuk sekolah pasca sarjana di lingkungan kampus tersebut. Hal ini ditandai dengan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh pimpinan fakultas dan turut disaksikan Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan di Gedung AAC Dayan Dawood. (Banda Aceh, 19 Oktober 2023).

Ketua Tim Reformasi Birokrasi USK Prof. Dr. Marwan, M.Si mengatakan, USK untuk  pertama kalinya mencanangkan penerapan Zona Integritas (ZI) pada 9 Juli 2021. Kala itu, USK menunjuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebagai pilot project penerapan ZI ini.

Alasan penunjukan tersebut adalah, atas dasar pertimbangan bahwa fakultas ini lebih siap dan inovatif dalam memberikan pelayanan. Selain itu, komitmen kuat dari pimpinan FMIPA juga menjadi alasan kuat mengapa fakultas ini ditunjuk untuk sebagai unit kerja dalam membangun ZI.

“Jadi kita ingin pembangunan zona integritas tidak hanya berhenti pada FMIPA saja. Tapi pada seluruh fakultas dan sekolah pacasarjana. Maka hari ini kita laksanakan pencangan zona integritas tersebut,” ucapnya.

Selanjutnya, Rektor mengatakan, penerapan reformasi birokrasi dan zona integritas ini merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien. Upaya ini nantinya diharapkan dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional.

“Oleh sebab itu, komitmen dan dukungan kita semua sangatlah penting. Sebab penerapan ZI ini tidaklah mudah, karena saat ini hanya ada tujuh fakultas di Indonesia yang mendapatkan pengakuan ZI ini,” ucap Rektor.

Sementara itu, Perwakilan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi M. Ali Akbar mengatakan, pencanangan ZI di USK ini terasa istimewa karena bersamaan dengan perubahan status USK menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH).

Menurutnya, bagaimana keberlangsungan perguruan tinggi menjalankan statusnya sebagai PTN BH sangat bergantung dengan tata kelola birokrasi yang baik. Hal inilah yang menjadi salah satu tujuan hadirnya ZI.

“USK sudah bagus, tapi dengan hadirnya ZI ini USK bisa lebih baik lagi. Karena kita punya cita-cita membawa kampus ini kelas dunia. Maka tata kelola USK tidak bisa ditawar lagi untuk sejajar dengan kampus terbaik lainnya,” ucapnya.

#inspirasidikti

Leave a Reply