USK Bertekad Ulangi Sejarah Emas di PIMNAS

Universitas Syiah Kuala (USK) mengirimkan sembilan mahasiswa untuk berkompetisi pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 tahun 2022. Pelepasan kontingen USK berlangsung di Gedung Rektorat kampus setempat. (Banda Aceh, 29 November 2022).

PIMNAS kali ini berlangsung sejak tanggal 29 November hingga 4 Desember 2022, di Universitas Muhammadiyah, Malang, Jawa Timur. USK bertekad membawa pulang medali emas, yang akan bersaing di dua kategori, yakni PKM Pengabdian Masyarakat (PKMPM) dan Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKMPE).

“Selamat berkompetisi di PIMNAS ke-35. Semoga USK mendapatkan hasil terbaik. Dalam catatan sejarah, kita pernah meraih medali emas saat PIMNAS di Bali,” kata Wakil Rektor III, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc.

Ia mengapresiasi mahasiswa USK yang akan berkompetisi di PIMNAS. Hal tersebut menunjukkan perbedaan mahasiswa yang hanya sekadar kuliah, dengan mahasiswa yang aktif, kreatif lagi inovatif.



Lebih jauh, Prof Mustanir mengatakan, USK sangat berkomitmen dalam mendorong mahasiswanya untuk berprestasi dalam bidang apapun. Kaderisasi dan pembinaan merupakan keniscayaan. Karena itu, dalam hal PIMNAS, ke depan sejak bulan Januari, USK akan merekrut generasi baru yang memiliki peminatan dalam PIMNAS, termasuk para dosen pembimbing. Target kita tahun 2023 kita punya 1.000 proposal PKM, insya Allah.

“Ini coba kita lakukan pendekatan balik, bagaimana dosen pembimbing yang mengayomi mahasiswa, bukan mahasiswa mengejar dosen. Ini sangat penting mengingat dosen merupakan pembimbing mereka, terkhusus di bidang PKM ini,” jelas WR III.

Selama di Malang, ia meminta kontingen USK menjaga menjaga kesehatan dan fokus, menjadi duta untuk USK yang membawa nama harum Aceh. Jangan lupa, berhubung musim hujan, kesehatan sangat rentan. Maka dari itu, kontingen USK kiranya menjaga diri sebaik mungkin.

Adapun mahasiswa USK yang berkompetisi di PIMNAS kategori PKMPM sebagai berikut: Fajrol Islami (FEB), Feby Anita Putri (FEB), Rahman Dhafa Al Rasyid Pohan (FEB), Ahmad Rahim (FT) dan Muhammad Rusqi Ash Shiddieqy (MIPA). Sedangkan katagori PKMPE: Zetta Fazira (FT), Ahmad Muhar Apriansyah (FT), T Zibran Al Attharsyah (FT) dan Utari Yasmine Amsi (FP)

Leave a Reply