USK Bersama Seluruh BEM Satukan Persepsi Terkait UKT

Universitas Syiah Kuala (USK) melakukan koordinasi bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) USK, DPM USK, serta seluruh BEM maupun DPM di tingkat fakultas yang ada di lingkungan USK. Pertemuan ini berlangsung di VIP AAC Dayan Dawood, Selasa, 21 Mei 2024.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc di kesempatan itu menjelaskan, bahwa forum tersebut dimaksudkan sebagai koordinasi bersama terkait Penetapan tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI).

“Setiap UKT itu merujuk kepada Biaya Kuliah Tunggal (BKT) yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti. Maka setiap penurunan maupun kenaikan UKT, pastilah berdasarkan persetujuan Kementerian,” jelas Prof Mustanir.

Dalam konteks USK, ia menerangkan, ada 8 level UKT di USK. Kampus Jantong Hate Rakyat Aceh ini sejak awal berkomitmen menghadirkan UKT yang proporsional dan berkeadilan. Semuanya ditetapkan dari hasil diskusi dan berlandaskan persetujuan dari kementerian berdasarkan BKT.

“BKT diturunkan basisnya adalah akreditasi. Prodi yang akreditasinya A dengan C itu beda UKT-nya. Kedua, jalur masuk: SNBP, SNBT), dan Seleksi Mandiri. Ketiga, jenis prodi: ada yang eksak, sosial, dan kesehatan, yang pasti eksak dan kesehatan lebih mahal karena kebutuhan beda. Makanya ada unit cost dibangun berdasarkan kebutuhan riil,” urainya.

Penjelasan tersebut disimak dengan baik oleh para perwakilan setiap BEM yang ada di lingkup USK, dan diwarnai dengan tanya jawab. Pertemuan ini sengaja dilaksanakan agar mahasiswa mendapatkan kesempatan langsung untuk menyampaikan pandangan, kritik serta saran.

“Alhamdulillah USK bersama BEM saling bijak dengan kondisi yang ada. Kami duduk bersama untuk berbagi informasi, menyamakan persepsi. Sehingga meminimalisir kemungkinan adanya gap informasi,” sebut Prof Mustanir.

Selain Prof Mustanir, narasumber yang memberikan penjelasan pada pertemuan tersebut Kabag Perencanaan USK, Alfian, S.T., M.T dan Direktur Direktorat Keuangan USK, Teuku Faisal Jumaidin, S.T., M.Si.