USK Berhasil Loloskan 49 Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa

Universitas Syiah Kuala (USK)  berhasil lolos ke tahap pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebanyak 49 kelompok, hal ini Berdasar surat dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan nomor: 2383/E2/DT.01.00/2023,  tanggal 15 Juni 2023,  Perihal Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang Tahun 2023.

Dari 304 kelompok yang diusulkan oleh USK, sebanyak 49 kelompok PKM dinyatakan lulus. Diantaranya adalah skema PKM Kewirausahaan  8 kelompok, PKM Karsa Cipta 7 kelompok, PKM Pengabdian 9 kelompok, PKM Riset Eksakta 21 kelompok dan  PKM Riset Sosial Humaniora 4 kelompok. “Hal ini merupakan peningkatan capaian yang cukup baik jika dilihat dari jumlah proposal yang didanai tahun 2022 lalu yaitu sebanyak 14 tim PKM USK yang berhasil mendapatkan dana hibah sebelumnya,” ujar  Dr. Ir. Marwan, S.Si., M.T., IPM., ASEAN.Eng sebagai Ketua Unit Pengembangan Penalaran dan Kreativitas Mahasiswa (P2KM) USK.

“USK tahun ini berada di peringkat 20, hal itu bisa dilihat  dari jumlah penerima hibah PKM secara nasional, oleh karena itu kita harus berupaya lebih baik lagi kedepannya sehingga bisa masuk 10 besar tingkat nasional”, ungkap Direktur Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP., M.Sc

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang yang sangat prestise di kalangan mahasiswa, program ini diselenggarakan oleh Kemendikbudristek setiap tahunnya. Terdapat 8 skema PKM yang disediakan, diantaranya PKM Kewirausahaan, Pengabdian, Riset Eksakta, Riset Sosial Humaniora, Karsa Cipta, Penerapan Iptek, Karya Inovatif, dan Video Gagasan Konstruktif. Dari skema tersebut  mahasiswa bisa memilih skema sesuai dengan minat dan potensi yang mereka miliki.

Tahun ini pelaksanaan PKM akan dimulai sejak tanggal 16 Juni s.d. 15 November 2023. Jadi, mulai minggu ini mahasiswa akan melaksanakan program yang sudah mereka susun dalam proposal yang diusulkan. Pada pertengahan pelaksanaan program nanti akan diadakan Pelaksanaan Penilaian Kemajuan Program PKM (PKP2) atau monitoring evaluasi program yang sudah dijalankan oleh kelompok penerima hibah. Penilaian akan dilakukan oleh tim reviewer dari kementerian secara langsung. Bagi kelompok terbaik nantinya akan diundang ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 36. Penilaian PKP2 akan dilihat berdasarkan akumulasi persentase nilai proposal, laporan kemajuan, presentasi pelaksanaan program  dan laporan akhir.

“Tentu saja keberhasilan program PKM ini tidak terlepas dari dukungan para dosen dosen pendamping para kelompok mahasiswa yang mengusulkan program tersebut. Bagi yang belum berhasil tahun ini semoga dapat terus mengasah keahlian dan belajar dari pengalaman sebelumnya untuk dapat lebih baik lagi nantinya,” tambah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan Prof Dr Mustanir M.Sc kepada media.

Leave a Reply