USK – BAST Perkuat Kerjasama Kearsipan Kebencanaan

Universitas Syiah Kuala (USK) mengunjungi Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Pertemuan tersebut guna membahas kelanjutan kerjasama kedua pihak.

Wakil Rektor Bidang Akademik USK, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si mengatakan, pertemuan itu membahas pengembangan pusat studi arsip kebencanaan/arsip tsunami, pembentukan program pendidikan vokasi kearsipan, penyelenggaraan lembaga kearsipan perguruan tinggi serta pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia kearsipan.

“Ini sebagaimana tertuang dalam Memory of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Kepala ANRI dan Rektor USK,” kata Prof Agussabti.

Hal lain yang bisa disinergikan kedua pihak adalah program MBKM USK Unggul. Program ini merupakan program dana hibah kepada mahasiswa untuk melaksanakan studi di luar USK selama satu semester dengan sistem alih kredit sebanyak 20 SKS (Satuan Kredit Semester).

“Melalui kerja sama dengan BAST, USK merencanakan mengirimkan mahasiswanya untuk mendalami dan mempelajari ilmu kearsipan langsung di BAST, hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan keilmuan mahasiswa di dunia kerja nantinya,” jelasnya WR USK.

Sementara itu, Kepala BAST, Muhamad Ihwan menyambut baik kunjungan tersebut. Dalam sambutannya, Ihwan menyampaikan bahwa kerja sama antara BAST dan USK tercapai dengan adanya sinergi antara kedua belah pihak, khususnya dalam melakukan pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia.

“Selain itu, pegawai BAST juga akan melakukan praktisi mengajar sebagai bentuk sosialisasi kearsipan yang dapat dijadikan rujukan oleh mahasiswa. Rencananya, kegiatan tersebut akan direalisasikan pada bulan Agustus tahun 2023,” sebut Ihwan.

Kegiatan ini dihadiri oleh turut dihadiri Direktur Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran, Prof. Nasaruddin, Direktur MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka), Prof. Muhammad Syukri dan Koordinator MBKM, Elly Sufriadi.

Leave a Reply