USK Akan Pertemukan Pakar Kebencanaan Dunia Di Forum AIWEST-DR

Universitas Syiah Kuala melalui lembaga risetnya Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC), akan menggelar Aceh International Workshop and Expo on Sustainable Tsunami Disaster Recovery (AIWEST-DR 2021) mulai tanggal 26 – 27 Oktober 2021 di Banda Aceh. Konferensi internasional secara virtual tersebut akan mempertemukan para pakar kebencanaan dunia.

Ketua panitia AIWEST-DR 2021 ke-13 Dr. Alfi Rahman menjelaskan, konferensi internasional ini akan mempertemukan para peneliti maupun pakar kebencanaan dunia. Di forum tersebut, mereka akan membahas tentang ragam ide ataupun teori serta praktik dalam pengurangan risiko bencana baik dalam taraf lokal, nasional, dan internasional.

“Konferensi internasional ini adalah momentum untuk menyinergikan dan mengkoordinasikan peran pemerintah, lembaga penelitian, universitas, dan praktisi sebagai katalisator dan dinamisator untuk masyarakat yang berketahanan bencana (community resilience),” ucapnya.

Awalnya AIWEST-DR akan digelar tahun 2020,  namun karena masih dalam kondisi pandemi maka pelaksanaanya harus tertunda hingga tahun ini di Banda Aceh. Konferensi  Internasional yang akan dihadiri oleh 7 negara ini akan diadakan secara online.  Sebelumnya, kegiatan ini telah dilaksanakan di Tohoku University, Sendai, Jepang, pada tahun 2019.

Pada AIWEST-DR ke-13 ini, akan menghadirkan tiga keynote speakers, yaitu;Prof. Fumihiko Imamura (Ketua IRIDeS, Tohoku University, Jepang), Prof. Helene Joffe (Profesor dari Fakultas Psikologi, University College London, Inggris), dan Prof. Rajib Shaw (Profesor dari Graduate School of Media and Governance, Keio University, Jepang.

Dalam pelaksanaannya nanti, konferensi internasional ini terdapat beberapa sesi yaitu sesi keynotepanel dan paralelDi mana secara keseluruhan dipresentasikan 108 makalah, kemudian dilanjutkan dengan beberapa special session.

Konferensi AIWEST-DR kali ini didukung oleh EPICentre, University College London, Universitas Mataram, Universitas Tadulako, Universiti Pertahanan Nasional Malaysia, Forum Perguruan Tinggi Pengurangan Risiko Bencana, dan Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI), sebagai technical support The 13th AIWEST-DR 2021.

Untuk diketahui, AIWEST-DR  adalah forum ilmiah yang secara aktif mempromosikan kemajuan penelitian dalam ranah Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di seluruh negeri. Setiap tahunnya sejak diinisiasi pada tahun 2016, konferensi AIWEST-DR terus dikoordinasikan bersama antara lembaga riset TDMRC dan International Research Institute of Disaster Science (IRIDeS) Tohoku University.

Konferensi ini telah dihadiri oleh sejumlah akademisi, pegiat kebencanaan, dan pemangku kebijakan dari berbagai lembaga penelitian baik pada tataran nasional maupun global. Forum ini telah berhasil membentuk jejaring individu-individu yang peduli terhadap isu kebencanaan.

AIWEST-DR merupakan sarana yang tepat sebagai upaya dalam menilai metode ilmiah, menghasilkan dan mendiseminasikan pengetahuan ilmiah, bertukar gagasan dan informasi dengan bebas, menghormati keberagaman ide dan pendekatan, menjaga akuntabilitas publik, mencapai keunggulan dan integritas, menghasilkan pengetahuan yang cermat dan akurat, melalui tahapan penelaahan oleh mitrabestari dan bereputasi.

 Hal ini dibuktikan dengan terus meningkatnya kualitas publikasi dari AIWEST–DR pada setiap tahun pelaksanaannya. Melalui acara ini, jejaring peneliti yang terbentuk telah mencapai titik dimana mereka dapat memainkan peran utama tidak hanya di ranah akademik melalui penelitian dan publikasi, namun juga turut berkontribusi pada kebijakan kebencanaan berbasis bukti secara nasional, regional, dan lokal.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://aiwest-dr.unsyiah.ac.id/2021/ 

Lalu, untuk link registrasi partisipan acara  yaitu  https://bit.ly/AIWEST-DR-REG

Leave a Reply