UPT Kewirausahaan USK Sambut Mahasiswa KMMI

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kewirausahaan Universitas Syiah Kuala menyambut para mahasiswa yang mengikuti program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) di Perguruan Tinggi ini. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring  dan diikuti sekitar 480 mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia tersebut,  dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Marwan. (Banda Aceh, 23 Agustus 20201).

Dalam sambutanya, Prof. Marwan memaparkan Program KMMI adalah sebuah program yang bertujuan untuk mendukung kampus merdeka. Prof. Marwan juga menilai, kegiatan seperti ini juga dapat memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus.

“Dengan demikian mereka bisa belajar banyak, karena hal ini juga upaya untuk mendapatkan calon pemimpin masa depan yang berkualitas,” ucap Prof. Marwan.

Selanjutnya, Prof. Marwan mengungkapkan program KMMI berbeda dengan kegiatan perkuliahan di Perguruan Tinggi. Sebab program ini merupakan potongan kecil bagian dari materi pembelajaran penuh yang disampaikan secara online dengan waktu yang relatif singkat.

“Program KMMI menjadi bagian tambahan yang melengkapi pembelajaran di kelas. Kegiatan ini sangat berguna, karena dapat mengisi kesenjangan keterampilan yang diberikan di perguruan tinggi agar sesuai dengan kebutuhan di dalam dunia kerja ataupun industri,” ujar Prof. Marwan.

Pada kegiatan ini, USK mengajukan sepuluh course namun hanya empat course yang didana. Keempat course tersebut adalah Pengembangan Agropreneur berbasis Sustainable Farming Atsiri,           Agribisnis Hidroponik bagi Entrepreneur (Budidaya Hingga Pemasaran Digital), Perkenalan Big Data melalui SQL dan Python dan Kepemimpinan dan Kecerdasan Digital melalui Coding. Course tersebut akan dimulai programnya dari tanggal 23 Agustus sampai  dengan 15 Oktober 2021.

Untuk itulah,  Prof. Marwan berharap kepada seluruh mahasiswa yang menjadi peserta course ini untuk serius mengikuti kegiatan KMMI dari awal sampai akhir. Karena selain mendapatkan ilmu dan uang saku, program KMMI ini juga boleh dikonversi menjadi mata kuliah, sesuai dengan ketentuan di program studi asal setiap mahasiswa.

Leave a Reply