Unsyiah Buka Kelas Semester Pendek

Unsyiah Buka Kelas Semester Pendek

Unsyiah Buka Kelas Semester PendekUniversitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali membuka program perkuliahan semeseter pendek (SP) tahun akademik 2013/2014. Perkuliahan itu akan dimulai sejak 23 Juni sampai 16 Agustus 2014 di kampus Unsyiah.


Menurut Surat Edaran Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., pendaftaran untuk penentuan kelas akan dimulai tanggal 12 sampai 17 Juni 2014 di fakultas masing-masing. Sedangkan pembayaran biaya SKS dan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) akan berlangsung pada tanggal 18 sampai 19 Juni 2014. Pembayaran tersebut dapat dilakukan oleh mahasiswa di Bank BNI, Bank Mandiri, BTN, Bank Aceh, Bank BRI, dan Bank Syariah Mandiri. Pengisian KRS dilakukan oleh operator fakultas setelah menerima tanda bukti pembayaran dari mahasiswa.

Setiap mahasiswa dapat mengambil mata kuliah dengan bobot maksimal sembilan SKS. Di samping itu, kelas baru dapat dibuka apabila jumlah mahasiswa peserta kuliah minimal lima belas orang. Jika kurang dari itu, maka diperlukan pernyataan khusus atau pertimbangan dari pihak dekan.

Mata kuliah yang ditawarkan adalah yang tidak ada pelaksanaan praktikum. Biaya per SKS seratus ribu rupiah untuk semua program studi jenjang D-3 dan S-1. Mahasiswa yang mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kurang dari atau sama dengan 3 hanya mengambil mata kuliah yang belum lulus atau perlu perbaikan nilai. Mata kuliah baru hanya untuk mahasiswa yang memiliki nilai IPK lebih dari atau sama dengan 3. Mata kuliah yang memiliki prasyarat, maka ketentuan prasyaratnya tetap diberlakukan.

Rektor dalam surat tersebut menyebutkan, prinsip pelaksanaan kuliah SP sama dengan kuliah semester biasa, dan mutu akademik tetap menjadi prioritas. Oleh karena itu, kedisiplinan dosen dan mahasiswa tetap didasari pada ketentuan akademik yang berlaku.[rz-be]