Unsyiah Adakan Seminar Nasional Kurikulum

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsyiah menggelar seminar nasional yang membahas tentang optimalisasi pelaksanaan kurikulum 2013.

Seminar ini berlangsung di Auditorium FKIP Unsyiah, Sabtu (14/6). Hadir sebagai pembicara adalah Prof. Dr. H. Suparno selaku Rektor Universitas Malang. Peserta seminar terbuka untuk umum termasuk para mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Unsyiah.

Dalam sambutannya, Rektor Unsyiah Prof. Dr. Samsul Rizal M.Eng, memaparkan bahwa perlu langkah tepat untuk mengoptimalisasikan pelaksanaan kurikulum 2013. Hal ini dikarenakan, konsep kurikulum 2013 terbilang baru dilaksanakan serentak di Indonesia pada periode 2013-2014 kemarin. Pada kesempatan yang sama, beliau juga mengharapkan mahasiswa PPG nantinya bisa diangkat secepatnya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“PPG merupakan program terbaik yang digagas oleh pemerintah dan ini perlu didorong terus menerus. Mereka inilah yang akan mendidik siswa-siswi hingga kemudian tercipta generasi unggulan,” paparnya.
Seminar nasional ini adalah salah satu rangkaian kegiatan dari Konsorsium Perguruan Tinggi Indonesia-Pittsburgh (KPTIP) ke 12. Kegiatan ini sudah dimulai sejak Jumat (13/6) yang turut dimeriahkan dengan malam seni budaya yang menampilkan tarian Aceh dan rapat internal peserta KPTIP yang membahas beberapa agenda penting.

Dalam rapat yang berlangsung di kampus FKIP Unsyiah pada Jumat malam, juga merumuskan beberapa rekomendasi bagi dunia pendidikan. Seperti peningkatan kualitas guru sehingga membentuk guru yang lebih professional, sekaligus memelihara dan mewujudkan jurnal pendidikan yang diharapkan ke depan menjadi jurnal internasional.

Dalam kesempatan yang sama juga memilih Rektor Unsyiah Prof. Dr. Samsul Rizal M.Eng sebagai ketua KPTIP untuk periode 2014-2016. Rapat ini juga memutuskan, kota Malang menjadi tuan rumah pertemuan berikutnya. (mr-fht)