University of Seville dan USK Perkuat Kerjasama di Bidang Kemahasiswaan dan Dosen

Delegasi dari Universitas Syiah Kuala (USK) berkunjung ke Spanyol sebagai bagian dari rangkaian Mobility Week Program Erasmus+, yang dilaksanakan oleh University of Seville. Kunjungan ini berlangsung dari tanggal 23-28 Juli 2023 di Kota Sevilla.

Delegasi USK terdiri dari Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Agussabti, Dekan FP, Prof Samadi, dan tiga orang staf pengajar, Dr. Kismullah dari FKIP, Dr. Ratna Mulyany dari FEB, dan Sri Agustina, M.Sc dari FKP.

WR USK menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari University of Seville. Prof Agussabti menyatakan, bahwa USK berkomitmen penuh untuk meningkatkan kerjasama dengan University of Seville. Hal ini merupakan bagian dari upaya internasionalisasi USK, menuju World Class University.

“Agenda dari kunjungan ini termasuk pertemuan dengan Director of International (Rosaria de Ruiz), membahas kelanjutan draft kerjasama yang sedang diproses di bagian legal University of Seville,” ungkap Prof Agussabti, Sabtu, 29 Juli 2023.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pertemuan dengan Director of Erasmus Program, Jesus Prieto guna membahas kelanjutan keikutsertaan USK, dalam Program Erasmus KA01 selanjutnya, yang sedang diusulkan oleh kampus yang jumlah mahasiswanya sampai 74,000 orang tersebut.

Pada hari berikutnya, delegasi USK disambut oleh Wakil Rektor University of Seville Bidang Kerjasama Internasional, Prof. Carmen Vargas Macia. Dalam sambutannya, Prof Vargas mengucapkan selamat datang dan apresiatif terhadap kunjungan USK.

“Kami berharap dokumen kerjasama yang sedang disiapkan, akan segera bisa ditandatangani dalam waktu dekat oleh rektor dari kedua universitas,” sebut Prof Vargas.

Sementara itu, Koordinator Erasmus USK, Prof. Dr. Ir. Samadi menambahkan, pada hari ketiga delegasi USK berkunjung ke School of Agronomy di kampus terpisah, dimana tim mendapatkan kesempatan untuk melihat teaching lab dan research lab pertanian University of Seville.

“Salah satu prioritas implementasi kerjasama ini nanti adalah di bidang pertanian sebagaimana didiskusikan dalam pertemuan dengan Dean School of Agronomy, Assoc. Prof. Victor Valdez dalam kesempatan tersebut. Prioritas kerjasama lain juga akan diperluas di bidang ilmu sosial dan pendidikan,” beber Prof Samadi.

Dirinya menjelaskan, program Erasmus tersebut sudah dimulai pada 2020, dan pada saat itu sudah direncanakan untuk pelaksanaan mobility program baik untuk para dosen maupun mahasiswa. Namun sayangnya Covid-19 membuat semua program yang sudah disusun dengan baik harus batal, dan tidak dapat terlaksana sebagaimana telah direncanakan.

“Sebagai simbol ikatan kerjasama antara USK dan University of Seville, pada dinding sepanjang Kantor International University of Seville, akan dipajang lambang USK diantara para mitra international dan partner global universitas tersebut,” terangnya.

“Kedepan kita berharap lebih banyak program dapat dijalankan, yang bermanfaat bagi kedua universitas, termasuk melanjutkan program yang sekarang sudah berjalan yaitu Staff and Student Mobility Program,” pungkasnya.

Leave a Reply