Universitas Sains Cut Nyak Dhien Studi Banding Ke USK

Universitas Sains Cut Nyak Dhien (USCND) melakukan studi banding ke Universitas Syiah Kuala terkait pengelolaan jurnal, penjaminan mutu serta hal lain terkait penguatan institusi pendidikan tersebut. Rombongan USCND ini disambut oleh Wakil Rektor IV USK Prof. Dr. Hizir di Balai Senat USK. (Banda Aceh, 21 September 2021).

Dalam sambutannya, Prof. Hizir mengucapkan selamat datang dan menyambut baik kehadiran rombongan USCND ke kampus ini. Menurutnya, selama ini sudah banyak perguruan tinggi baik dari Aceh maupun luar Aceh yang melakukan studi banding ke USK.

Kepercayaan ini tidak lepas dari berbagai pencapaian atau prestasi yang USK raih dalam beberapa tahun terakhir. Di antaranya, keberhasilan USK meraih akreditasi dari C ke A. Untuk itulah, USK sangat terbuka bagi perguruan tinggi manapun yang ingin belajar atau mengetahui strategi USK meraiah prestasi tersebut.

“Apalagi USCND adalah kampus yang berasal dari Aceh. Tentu kita sangat menyambut baik dan siap untuk berbagi informasi, sehingga kehadiran perguruan tinggi ini bisa turut berkontribusi meningkatkan mutu pendidikan Aceh,” ucap Wakil Rektor USK bidang Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat ini.

Selain itu, Prof. Hizir mengungkapkan bahwa pada mulai tahun ajaran semester ganjil ini USK sudah menggunakan kurikulum baru yang menyesuaikan dengan program Merdeka Belajar Kampus  Merdeka (MBKM).

Sementara itu, Wakil Rektor I USCND Marida Fitriani menyampaikan terima kasih atas kesediaan USK untuk berbagi informasi terkait penguatan institusi ini. Pada kesempatan ini, Marida juga menjelaskan secara singkat sejarah lahirnya USCND.

Di mana saat ini, USCND masih tergolong kampus yang baru karena masih berusia lima tahun. Marida juga mengungkapkan, jika saat ini  USCND sudah memiliki 12 program studi. Meskipun demikian, beberapa prodi tersebut masih belum terakreditasi.

“Untuk  itulah, kami harap kunjungan ini bisa memberikan banyak informasi penting bagi USCND. Karena kami juga mengakui, bagaimana reputasi USK saat ini, di antaranya dalam pengelolaan jurnal,” ucap Marida.

Turut hadir dalam pertemuan ini Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) USK Prof. Dr. Adlim, M.Sc. Adlim, serta beberapa pejabat USK lainnya.  Sementara dari pihak USCND turut hadir Wakil Rektor III USCND Junaidi dan lainnya. 

Leave a Reply