Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Inkubator Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala sukses melaksanakan Entrepreneurship Festival (ENTFEST) 2021. Hal ini ditandai dengan Closing Ceremony seluruh rangkaian acara ini pada Kamis siang. (Banda Aceh, 11 November 2021).
ENTFEST merupakan program tahunan dari UKM Inkubator di bawah divisi Expo. Tahun ini, ENTFEST mengusung tema “Eksistensi Ekonomi Kreatif dan Digitalisasi Bisnis Sebagai Pilar Perekonomian Bangsa”.
Acara penutupan ENTFEST berlangsung meriah dan khidmat, dengan dihadiri beberapa tamu undangan dari internal kampus, pihak sponsor, donatur serta media dan community partner.
Sebelumnya, ENTFEST dibuka secara resmi oleh Dekan FEB USK Dr. Faisal, SE., M.Si., MA pada tanggal 18 Oktober 2021. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan apresiasi kepada UKM Inkubator karena telah mengadakan acara ini yang diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi, menambah ilmu serta pengetahuan dalam peningkatan kapasitas persaingan mahasiswa di masa depan.
“Terima kasih atas segala upaya yang telah dilakukan oleh UKM Inkubator. Semoga kedepannya dapat ditingkatkan hingga tingkat internasional,” ujarnya.
Pembina UKM Inkubator, Evayani, SE., Ak., MM, dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan menyampaikan, ENTFEST tahun ini merupakan kali keduanya diselenggarakan setelah tahun lalu sukses terselenggara. Metode online menjadi metode yang dipilih dikarenakan perlunya adaptasi dan inovasi dalam menjalankan suatu kegiatan saat pandemi masih melanda ini.
ENTFEST sendiri telah berlangsung selama sebulan mulai dari tanggal 18 Oktober hingga 11 November dengan beberapa rangkaian acara di dalamnya. Dengan total jumlah sebanyak 13 rangkaian acara yang terdiri dari empat rangkaian roadshow, lima rangkaian webinar, satu forum group discussion, satu workshop, serta tiga rangkaian perlombaan yang dibuka dan dapat diikuti pada tingkat nasional.
Kegiatan berlangsung dengan rangkaian roadshow yang berlangsung mulai dari tanggal 1 September hingga 15 Oktober 2021, dengan tujuan untuk mem-branding atau mempromosikan acara. Dimulai dengan Creative Talk, yang merupakan sesi Instagram live session sebanyak 13 kali yang memperkenalkan 17 subsektor yang ada di ekonomi kreatif berkenaan dengan peluang dan tantangan di dalamnya.
Selanjutnya ada Campaign Mask, yang bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya memakai masker dalam beraktivitas sehari-hari. Terakhir ada Talkshow radio dan kuliah umum yang membahas mengenai tips dan trik untuk mengikuti perlombaan business case yang diadakan oleh Entfest tahun ini.
Rangkaian utama yang berlangsung mulai dari 18 Oktober hingga 11 November diantara adalah lima rangkaian webinar mulai dari Webinar Local Brand, Webinar Branding, dua webinar internasional yang masing-masing bekerjasama dengan pihak Ekspatriat Aceh Dunia dan Diaspora Global Network dan terakhir Webinar New Strategy.
Kemudian juga sudah terselenggara rangkaian Focus Grup Discussion dengan tema diskusi berkenaan dengan permasalahan dalam ekonomi kreatif dan Workshop yang berkaitan dengan akselerasi bisnis yang diadakan dalam tiga sesi. Dan terakhir terdapat rangkaian perlombaan mulai dari Marketing Competition, Photography Competition dan Business Case Competitin yang semuanya terbuka untuk tingkat nasional.
Dalam kesempatan yang sama, Fakhrurrazi Amir, SE., MM dalam sambutan sekaligus penutupan oleh pembina juga menyampaikan ucapakan terima kasih dan selamat atas terselenggaranya Entrepreneurship Festival tahun ini.
“Semoga seluruh pesan dan manfaat yang telah diberikan dalam acara ini dapat tersampaikan kepada seluruh partisipan. Mengingat tema kali ini sangat bermanfaat untuk kedepannya karena berkaitan dengan digitalisasi yang memang harus kita lakukan kedepannya,” ujarnya.
Acara closing ceremony ini ditutup dengan laporan ketua panitia, kata sambutan ketua umum UKM Inkubator dan pembina, serta pengumuman pemenang perlombaan dan diakhiri dengan pemutaran video closing.
 
							