Tingkatkan Literasi Ilmiah, Jurusan Manajemen – USK Press Laksanakan Brainstorming Penulisan Buku

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (USK) berkolaborasi dengan UPT. Penerbitan dan Percetakan atau USK Press. Hal ini dilakukan demi meningkatkan literasi karya ilmiah.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yaitu: Brainstorming Penulisan Buku: Sinergi USK Press dan Jurusan Ekonomi Manajemen USK, yang berlangsung di jurusan Ekonomi Manajemen, FEB USK, Jumat, 1 Maret 2024.

Kegiatan ini diisi oleh narasumber dari internal USK dan eksternal USK. Narasumber internal disampaikan oleh Guru Besar bidang Ekonomi Islam USK, Prof. Dr. M. Shabri Abd. Majid, M.Ec, Kepala UPT Percetakan & Penerbitan USK, M. Ridha Siregar, SE., MM.

Sementara narasumber eksternal diisi oleh Ns. Fardelin Hacky Irawani, M.Kep, selaku Editor & pegiat literasi di Forum Aceh Menulis (FAMe). Pada kesempatan ini, turut disampaikan perihal ketentuan penulisan buku chapter /bunga rampai serta mekanisme penerbitannya.

Ketua Jurusan Prodi Manajemen, Dr. A. Sakir, SE., MM, CFRM menyambut hangat dan mendukung upaya peningkatan Karya Tulis Ilmiah baik dalam bentuk buku referensi, buku ilmiah populer, book chapter maupun jenis tulisan karya ilmiah lainnya di lingkungan akademisi Manajemen.

“Program ini dapat mendukung indikator kinerja utama jurusan, terutama dalam hal menambah karya yang bisa dihasilkan dari dosen dengan disiplin ilmu manajemen. Buku-buku yang dihasilkan juga diharapkan sesuai dengan kebutuhan dunia literasi saat ini dan juga kebutuhan mahasiswa dalam memperoleh referensi,” kata Sakir.

Menurutnya, kegiatan ini juga ditujukan untuk memajukan karya-karya literasi terbaik dari para akademisi di Jurusan Ekonomi Manajemen USK, membantu Jurusan Ekonomi Manajemen USK dalam mengembangkan portofolio publikasi yang berkualitas tinggi, serta meningkatkan reputasi akademiknya.

Selaras dengan itu,  Prof. Dr. M. Shabri Abd. Majid, M.Ec turut menyampaikan issue dalam perkembangan dunia manajemen dan bisnis. Menurutnya, issue tersebut akan menjadi salah satu inspirasi yang dapat dituangkan sebagai karya tulis ilmiah dan berkaitan dengan disiplin ilmu di bidang ekonomi.

“Ada banyak issue aktual yang seharusnya dapat kita kaji dalam sebuah buku referensi di bidang ini, baik itu issue tourism, ekonomi syariah, continuous  changes in business environmental, online atau electronic based business dan issue-issue ekonomi lainnya. Baik di tingkat global, regional, maupun lokal,” ungkapnya.

Di samping itu, Kepala USK Press, M. Ridha Siregar, S.E., MM menyampaikan, kegiatan ini juga turut memberikan kontribusi yang lebih besar pada literatur di bidang ekonomi dan manajemen, serta menyediakan wadah bagi para akademisi untuk memahami tantangan dan peluang dalam dunia penerbitan.

“Mudah-mudahan acara ini dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertukaran ide dan pengetahuan antara penerbit USK Press dengan para akademisi dari Jurusan Ekonomi Manajemen USK, serta meningkatkan peran USK Press sebagai lembaga penerbitan yang berdaya saing,” sebut Ridha.