Tim Kemdikbudristek Visitasi Pembangunan Zona Integritas di USK

Tim Biro Organisasi dan Tata Laksana dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaa, Riset dan Teknologi melalukan kegiatan sosialisasi reformasi birokrasi/zona integeritas, serta visitasi pendampingan pembangunan zona integritas untuk menuju Wilayah Bebas dari korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di USK.

Ketua Tim Reformasi Birokrasi USK Prof. Dr. Marwan, S.Si., M.Si dalam sambutannya mengatakan, reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan agar lebih berdaya guna dan berhasil guna. “Birokrasi idealnya mampu melaksanakan tugas dan melayani masyarakat bukan sebaliknya dilayani oleh masyarakat.

“Konsekuensinya adalah pemerintah harus meningkatkan kinerja birokrasi sehingga tercapai birokrasi yang bersih, kompeten dan memiliki kemampuan dalam melayani,” ucap Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan tersebut.

Selanjutnya, Prof. Marwan mengatakan, perjalanan panjang dalam memperbaiki birokrasi dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. Baik dari aspek perencanaan maupun aspek pelaksanaan di lapangan.

Maka dirinya menilai, pemerintah berupaya melakukan berbagai perbaikan-perbaikan terhadap pelayanan dan efisiensi birokrasi. Persoalan akuntabilitas yang selama ini masih belum mendapatkan perhatian yang cukup, hari ini merupakan bagian terpenting dalam proses pelaksanaan program kegiatan di USK.

“Di sisi lain berbagai bentuk produk inovasi pelayanan, perbaikan terhadap budaya kerja, efisiensi kelembagaan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam perbaikan manajemen instansi,” ucapnya.

Untuk diketahui, USK telah mencanangkan penerapan zona integritas sejak Juli 2021. Adapun untuk pilot project ini,  USK menunjuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebagai unit kerja yang menerapkan zona integritas tersebut.

Leave a Reply