Rumah Amal USK Salurkan Bantuan SPP Mahasiswa

Program Beasiswa Bantuan SPP Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 Rumah Amal kembali begulir. Program ini ditujukan bagi mahasiswa jenjang D3, S1 dan Profesi dari berbagai fakultas di Universitas Syiah Kuala (USK) yang memiliki keterbatasan ekonomi. Bantuan dana SPP ini diberikan dalam satu kali penyerahan.

Dr. rer. pol. Heru Fahlevi, M.Sc selaku Direktur Rumah Amal Masjid Jamik Universitas Syiah Kuala menuturkan bahwa kriteria utama yang digunakan dalam seleksi adalah mahasiswa yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi yang semakin diperburuk oleh pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Informasi tersebut diperoleh dari berkas pendaftaran yang dikirimkan oleh setiap pendaftar yang diperkuat dengan surat rekomendasi baik dari Wakil Rektor III, Wakil Dekan III, Dosen Wali mahasiswa bersangkutan.

Heru melanjutkan, seluruh tahapan seleksi sejak tanggal 29 Januari s.d 8 Februari 2021 lalu dilakukan menggunakan prosedur pencegahan Covid-19. Mulai dari proses pendaftaran, wawancara, hingga pengumuman akhir seluruhnya mengadopsi sistem daring.

”Adapun total  pendaftar sebanyak 360 orang. Tingginya jumlah pendaftar membuat kami mengambil kebijakan untuk menambah kuota penerima bantuan. Kami melibatkan pewawancara yang terdiri dari para dosen dari berbagai fakultas di USK untuk menggali informasi yang lengkap dan akurat terkait kondisi para pendaftar. Kami tidak dapat membantu semua mahasiswa, namun kami sangat berharap bantuan ini dapat meringankan mahasiswa yang berasal dari keluarga yang tidak mampu” lanjutnya.

Sementara itu, Manajer Operasional Rumah Amal, Haris Munandar, S.Pd. Gr mengungkapkan bahwa program bantuan ini rutin dilakukan setiap awal semester menjelang jadwal pembayaran SPP.

“Misi Rumah Amal yang berfokus kepada permasalahan pendidikan menjadi dasar bagi kami untuk menganggarkan dana yang lebih besar dan menambah jumlah penerima bantuan dibanding periode sebelumnya. Oleh karenanya, dari 360 yang mengirimkan berkas, 215 berhak mengikuti tahap wawancara dan 175 (48,6%) dinyatakan lulus sebagai penerima bantuan”

Penerima bantuan SPP tidak hanya berasal dari kampus utama di Banda Aceh namun juga dari Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Gayo Lues.

“Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berupaya agar semakin banyak penerima manfaat program ini dimasa mendatang” tutupnya. 

Program beasiswa bantuan SPP diserahkan kepada para penerima dalam satu kali penyerahan melalui rekening masing-masing penerima. Total dana program beasiswa bantuan SPP yang disalurkan oleh Rumah Amal Mesjid Jamik Universitas Syiah Kuala adalah sebesar Rp 338.309.000,- yang bersumber dari zakat para donatur. Untuk memberikan nilai tambah dari program ini, para penerima diminta untuk berupaya meningkatkan prestasi akademik dan menyelesaikan studi tepat waktu.

“Kami mewakili para penerima manfaat, mengucapkan jazakumullah khairan katsiran kepada para muzakki dan donatur yang sebagian besar merupakan dosen dan staf di Universitas Syiah Kuala serta seluruh pihak yang sudah berperan aktif  membantu para mahasiswa yang membutuhkan” tutup Haris.

Leave a Reply