Rektor USK Terpilih Sebagai Ketua ICMI Aceh

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng terpilih sebagai Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Aceh untuk periode 2021 – 2026. Prof. Samsul terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Wilayah VII ICMI Orwil Aceh pada27 – 28 Agustus 2021 di SKB Kota Jantho, Aceh Besar.
Sebelumnya, tampuk kepemimpinan ICMI Aceh dijabat oleh Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA.  Namun seperti diketahui, Tokoh Intelektual Aceh tersebut meninggal dunia pada tanggal 14 Agustus 2021 lalu. Dalam penyelenggaraan Muswil ICMI Aceh ini juga dilaksanakan seminar nasional.
Menanggapi keputusan tersebut, Prof. Samsul mengatakan, dirinya memohon doa dan dukungan semua pihak, agar dirinya dapat menjalankan amanah tersebut dengan baik.
Prof. Samsul menilai, keberadaan ICMI harus mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan. Sebab pada hakikatnya, ilmu pengetahuan harus menjadi landasan kita  dalam setiap mengambil keputusan ataupun kebijakan, khususnya yang menyangkut hajat hidup orang banyak.
Meskipun demikian, hal ini bukan bermakna kita menyampingkan peran agama yang merupakan tuntunan hidup kita sebagai manusia.
Bahkan dalam  islam jelas diajarkan, untuk tidak memberi tanggung jawab kepada seseorang yang tidak memiliki kapabilitas. Hal ini setidaknya menjelaskan, ungkap Prof. Samsul, bahwa ilmu pengetahuan menjadi pertimbangan penting bagi islam untuk memberikan seseorang sebuah tanggung jawab.
Untuk itulah, Prof. Samsul bertekad untuk memperluas peran ICMI dalam berbagai aspek pembangunan.
“Karena itulah, ICMI siap bersinergi dengan pihak manapun. Pemikiran-pemikiran intlektual dari anggota ICMI diharapkan bisa turut mewarnai berbagai kebijakan pemerintah demi terwujudnya kesejahteraan bagi masyarakat,” ucap Prof. Samsul.

Leave a Reply