Rektor USK Lantik Dekan Baru Fakultas Kedokteran

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan melantik Dr. dr. Safrizal Rahman, M.Kes., Sp.OT  sebagai Dekan baru Fakultas Kedokteran untuk masa jabatan 2024 – 2026 di Lobby Gedung AAC Dayan Dawood. (Banda Aceh, 1 April 2024).

Pada kesempatan itu Rektor menyampaikan selamat dan terima kasih atas kesediaan dr. Safrizal untuk mengemban amanah tersebut. Selain itu, Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada Dekan FK sebelumnya yaitu Prof. Dr. dr. Maimun Syukri, Sp.PD-KGH yang telah banyak berjasa untuk kemajuan FK hingga menjadi seperti sekarang ini.

Di mana saat ini FK USK telah memiliki 23 program studi yang terdiri dari berbagai jenjang pendidikan. Baik itu sarjana, profesi, dokter spesialis, serta magister dan doktor.

Menurut Rektor semua program pendidikan tersebut telah banyak memberikan kontribusi penting dalam menunjang tersedianya SDM bidang kesehatan, dan berkaitan erat pada peningkatan kualitas kesehatan di masyarakat.

“Alhamdulillah, saat ini Fakultas Kedokteran telah banyak berkembang dan menjadi salah satu Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia. Prestasi ini harus menjadi motivasi kita untuk terus bekerja keras lagi dalam membangun fakultas ini,” ucap Rektor.

Rektor mengatakan, pergantian kepemimpinan seperti ini merupakan bagian dari siklus manajemen yang mutlak terjadi. Hal ini bertujuan memastikan pengelolaan manajemen di suatu institusi berjalan baik dan berkelanjutan.

Oleh sebab itu, Rektor mengingatkan kepada Dekan FK yang baru ini untuk membangun komunikasi serta konsolidasi  agar terbangun kesamaan persepsi dalam mengembangkan FK USK.

Rektor juga menyampaikan beberapa hal yang patut menjadi perhatian dari kepemimpinan yang baru FK ini. Di antaranya adalah, peningkatan mutu pendidikan di FK seperti meningkatkan status akreditasi program studi. Serta berupaya mewujudkan lulusan yang tepat waktu.

Selanjutnya adalah memperkuat kembali kemitraan yang telah terbangun selama ini antara FK USK dengan berbagai pihak. Baik swasta, pemerintah pusat, pemerintah daerah. Khususnya Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin dan rumah sakit mitra lainnya yang bertujuan untuk menunjang kinerja universitas.

Turut hadir sebagai saksi dalam pelantikan ini Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si dan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Prof. Dr. Marwan, M.Si. Serta hadir pula sejumlah pejabat USK dan tamu undangan lainnya.