Rektor Dukung FP Perkuat Implementasi MBKM

Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik USK Pror. Ir. Marwan mendukung Fakultas Pertanian (FP) USK untuk terus memperkuat implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Hal tersebut disampaikan Marwan dalam kegiatan silahturahmi atau safari ramadhan di FP yang dilakukan secara daring pada Kamis (29/4).

Menurut Marwan, selama ini FP termasuk kampus yang sangat baik dalam pengimplementasian MBKM, terutama di bidang akademik dan kegiatan kemahasiswaan. Hal ini terbukti dari hibah yang didapatkan oleh program studi D3 Agribisnis dalam penguatan pendidikan vokasi. Dan beberapa prodi S1 juga telah mendapatkan hibah pengembangan kurikulum MBKM dari kementerian.

Hibah ini, tambah Marwan, dapat dikatakan cukup besar dengan perhitungan 10 juta dikali jumlah mahasiswa aktif pada prodi tersebut. Ini merupakan peluang yang sangat besar bagi FP untuk memperkuat program-program studinya dalam menguatkan implementasi MBKM.

“Semoga tahun depan semakin banyak proram studi di FP dan di kampus lainnya yang bisa memperoleh hibah seperti ini, sehingga memudahkan USK secara umum untuk memperkuat implementasi kampus merdeka”, ujar Marwan.

                Dekan FP USK, Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc. menuturkan, beberapa prodi di FP saat ini juga sedang berkompetisi dalam PKKM atau Program Kompetisi Kampus Merdeka. Kegiatan PKKM ini pendanaannya cukup besar untuk menunjang MBKM. Selain itu, tambah Samadi, dua prodi di FP juga sedang mengusulkan akreditasi internasional, yaitu Prodi Teknologi Hasil Pertanian dan Prodi Teknik Pertanian.

“Saat ini kedua prodi tersebut sedang mempersiapkan borang akresitas internasional”, kata Samadi.

Disamping itu, sambung Samadi, Pusat Studi Padi Aceh, yang dikelola oleh dosen-dosen FP tahun lalu sudah menghasilkan lima prototype padi unggul. Hanya memerlukan dua langkah lagi untuk memproses hak cipta dan memasarkan produk ini. Yaitu melakukan uji kualitas dan hama penyakit. Pusat riset padi unggul Aceh ini juga sudah mendaftarkan diri untuk berkolaborasi dengan platform kedai reka.

Marwan menyambut baik atas semua prestasi dari FP ini. Salah satu catatan penting dalam safari ramadhan kali ini adalah, saling mendukung dan berkolaborasi untuk menguatkan kualitas fakultas, dan universitas. Sehingga fokus USK untuk menjadi universitas berdaya saing global bisa segera terwujud.

Selain Marwan, safari ramadhan kali ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Agussabti, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Afliansyah Yulianur.

Leave a Reply