Puluhan Siswa Ma’had Daarut Tahfizh Al Ikhlas Kunjungi USK

Puluhan siswa-siswi dan guru  Ma’had Daarut Tahfizh Al Ikhlas mengunjungi Universitas Syiah Kuala (USK). Kehadiran rombongan ini dalam rangka mengenal lebih dekat USK, sebagai salah satu kampus pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Kehadiran mereka disambut di ruang VIP Gedung AAC Dayan Dawood, Selasa, 20 Februari 2024.

Wakil Rektor bidang Akademik USK, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si., IPU., memaparkan bahwa USK terdapat beragam Fakultas dan Prodi yang tersedia untuk melanjutkan pendidikan. Pada tahun ini, USK menerima mahasiswa melalui tiga jalur, yaitu jalur SNBP, UTBK-SNBT dan Jalur Mandiri.

“Harus kuat motivasinya untuk melanjutkan pendidikan dan siapa saja bisa lulus ke USK. Paling penting jangan berhenti belajar dan teruslah berusaha dan berdoa”. Jelas Prof Agus

Prof Agus juga menjelaskan, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan tahun ini, salah satunya apabila sudah lulus di jalur SNBP maka tidak bisa ikut di jalur SNBT atau jalur Mandiri. Jadi pilih lah Prodi yang benar-benar diminati. Selain itu, di jalur SNBT bisa memilih lintas Prodi, tetapi jika lulus harus benar-benar harus siap saat menjalani perkuliahan.

Secara khusus, USK tahun ini telah membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Talenta yang dibuka mulai tanggal 22 Januari – 4 Maret 2024. Jalur ini diperuntukan bagi calon mahasiswa baru yang memiliki kemampuan/prestasi di bidang akademik, leadership, karakter, Hafiz atau bakat tertentu.

Kepala sekolah Ma’had Daarut Tahfizh Al Ikhlas, Alfin Nur LC, menyampaikan terima kasih atas sambutan dan diterimanya kehadiran santri untuk menerima informasi secara langsung di universitas favorit di Aceh ini.

“Kunjungan ini bertujuan agar terbangkitnya motivasi para santri kami untuk melanjutkan pendidikan di USK dan semoga kedepannya kita bisa menjalin kerjasama untuk pengembangan pendidikan”. Kata Alfin

Ia juga menambahkan, Ma’had Daarut Tahfizh Al Ikhlas ini fokusnya pada tahfidz. Namun pada angkatan ke-tujuh ini, para santri sudah ada yang jurusan IPA dan jurusan agama.

Pada kunjungan ini, para santri yang hadir juga mendapatkan informasi penerimaan mahasiswa baru yang dipaparkan  oleh Arsiparis Ahli Madya, Husni Friady, S.T., M.M., materi Jalur Talenta USK di paparkan, Direktur Direktorat Administrasi Akademik, Darmawan, S.T., M.M., dan materi beasiswa dari Kepala Bagian Kemahasiswaan, Hairul R, S.T., M.Si.