PT SBA Gelar Semen Andalas Goes to Campus di Fakultas Teknik USK

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun PT Solusi Bangun Andalas (SBA) ke-39, PT SBA mengadakan kegiatan Semen Andalas Goes to Campus dengan tema Equipment and Cement Processing (Quarry, Cement Processing, Cement Distribusion) di Balee Keurukon  Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. (Banda Aceh, 16 Agustus 2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber dari PT SBA yaitu Bayan Novrian, S.T., Fakhri Kamal, S.T., dan Haekal Zeahsa, S.T. Besarnya antusiasme peserta dalam kegiatan ini terbukti dengan jumlah kehadiran peserta yang mencapai 125 orang.

Kegiatan Semen Andalas Goes to Campus ini juga dihadiri oleh jajaran dekanan fakultas teknik seperti Prof. Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC selaku Dekan Fakultas Teknik, Dr. Farid Mulana, S.T., M.Eng., selaku Wakil Dekan III Fakultas Teknik, serta Ir. Pocut Nurul Alam, M.T., selaku Koordinator Program Studi.

Selain mereka, turut hadir pembina akademik setiap program studi teknik serta mahasiswa teknik dari berbagai prodi. Seperti Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Pertambangan, Teknik Industri, Teknik Geologi, D3 Teknik, dan Teknik Elektro.

Dalam sambutannya, Anwar Bakti, selaku Plant Caretaker General Manager PT Solusi Bangun Andalas menyampaikan terima kasih kepada Fakultas Teknik USK selaku tuan rumah dan berharap semoga pemaparan materi oleh narasumber dapat memberikan manfaat untuk pengetahuan para mahasiswa.

Dirinya mengatakan, ilmu yang dipelajari di teknik ini sangatlah besar manfaatnya di dunia industri. Saat ini PT Solusi Bangun Andalas juga terus berinovasi dengan memanfaatkan ketersediaan data yang sangat melimpah (big data).

“Di sinilah mahasiswa teknik USK dapat mengisi peran sebagai data engineer yang dapat mengoptimalkan proses produksi semen dari hulu ke hilir,” ucap Anwar.

Senada dengan hal itu, dalam sambutannya Prof. Alfiansyah Yulianur mengatakan bahwa Fakultas Teknik USK sudah sangat akrab dengan PT Solusi Bangun Andalas. Banyak dari alumni FT telah bekerja di PT Solusi Bangun Andalas.

Dirinya mengungkapkan, dalam merespon perubahan teknologi dari manual ke digital, Fakultas Teknik mempunyai program studi Teknik Komputer dan Teknik Elektro yang membidangi hal tersebut. Walaupun demikian program studi lain juga diarahkan ke tujuan tersebut. Di tingkat kementerian sendiri, ilmu statistik telah menjadi persyaratan dan kompetensi yang harus dicapai terutama di tengah-tengah revolusi industri 4.0.

“ Mahasiswa mempelajari itu semua, yang kita gunakan sekarang teknologi digital karena mudah dan bisa mengikuti perkembangan zaman,” ucapnya

Lebih lanjut beliau berharap agar anak-anak teknik dapat mendengarkan bagaimana pemaparan materi dari ahlinya di lapangan. Beliau menutup dengan pesan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yakni Nadim Makarim, di mana mahasiswa sekarang harus melakukan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan tidak hanya belajar di kampus tapi juga di luar kampus agar cepat berdaptasi dan mengetahui dunia kerja.

Kegiatan Semen Andalas Goes to Campus ini dibagi ke dalam tiga sesi. Sesi pertama disampaikan oleh Bayan Novrian, S.T. dengan paparan materi mengenai Quarry yang meliputi tahapan penambangan batu gamping, pembuatan peta dari IUP, hingga struktur geologi dan proses penambangan di quarry di PT Solusi Bangun Andalas. Fakhri Kamal, S.T. yang juga alumni teknik kimia Fakultas Teknik USK menyampaikan materi kedua terkait pengolahan bahan baku menjadi semen disertai dengan mesin-mesin pendukung yang digunakan.

Paparan materi ditutup oleh Haikal Zeahsa, S.T. Alumni teknik sipil USK ini menyampaikan tentang proses distribusi semen yang mencakup aspek ketersediaan semen dan kualitas semen.

Fakhri Kamal, S.T., selaku ketua panitia Semen Andalas Goes to Campus menyampaikan bahwa PT SBA sangat terbuka terhadap kebutuhan yang diperlukan oleh dunia kampus. Semua hal yang dibutuhkan dunia kampus yang bertujuan untuk mendukung dan memperkaya pengetahuan adik-adik mahasiswa pada hakikatnya telah menjadi perhatian khusus PT SBA.

“Oleh karena itu, kerja sama dunia kampus dan dunia industri harus terus diperkuat sehingga adik-adik mahasiswa dapat mengenal dunia industri sedini mungkin.” Imbuhnya.

Leave a Reply