Prodi Spesialis Obgyn Unsyiah Kini Mandiri

Program Spesialis Ilmu Kebidanan dan Kandungan di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang selama ini masih di bawah bimbingan bapak angkatnya, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kini resmi berstatus mandiri (otonom). Perubahan status itu didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 413/E/O/2014 tanggal 16 September 2014. Intinya, Mendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah menyetujui mandirinya Program Studi Obstetri dan Ginekologi (Prodi Obgyn) tersebut di Unsyiah.

“Kita sangat bersyukur atas peningkatan status ini. Selama ini, Bagian Obgyn FK Unsyiah memang telah mendidik para dokter menjadi spesialis obgyn di RSUZA/FK Unsyiah, tapi masih di bawah bimbingan ‘bapak angkat’ dari Universitas Indonesia,” kata Kepala Bagian Ilmu Kebidanan dan Kandungan FK Unsyiah, dr. Mohd. Andalas, Sp.O.G. yang mengabarkan informasi itu kepada Serambinews.com, Rabu (19/11/2014) pagi.

Status mandiri Prodi Obgyn Unsyiah itu menempatkannya sebagai prodi spesialis ketiga yang ada di Unsyiah setelah Prodi Spesialis Bedah dan Prodi Spesialis Ilmu Penyakit Dalam. Kedua prodi spesialis ini, seperti diakui Andalas, telah menghasilkan lulusan dan mengabdi di berbagai rumah sakit di Aceh.

Andalas menyebutkan, lahirnya berbagai prodi spesialis di FK Unsyiah/RSUZA itu tidak terlepas dari inisiatif Ir. Azwar Abubakar, M.M. yang saat itu menjadi Plt. Gubernur Aceh. Azwar terakhir menjabat Menteri PAN dan RB pada Kabinet SBY.

“Kami dari Bagian Obgyn FK Unsyiah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu proses mandirinya program obgyn ini, terutama kepada Rektor Unsyiah dan Dekan FK Unsyiah, serta Direktur RSUZA. Harapan kita ke depan, tak ada lagi kasus ibu hamil yang meninggal hanya karena ketiadaan dokter ahli kandungan di daerah,” kata Andalas.

Ia juga berharap, dengan adanya prodi ini, pelayanan kesehatan ibu dan anak di Aceh menjadi lebih baik dan berkualitas. Terakhir, para dokter muda yang berminat menimba ilmu di prodi yang baru dinyatakan mandiri itu dapat menghubungi Sekretariat Obgyn di RSUZA lama Banda Aceh.[mr-be]

Sumber: serambinews.com